Ads Top

Cara Berpikir Out of the box

Untuk jadi orang yang kreatif dan inovatif salah satu saratnya adalah harus bisa berpikir out of the box. Tapi berpikir Out of the Box atau berpikir keluar dari pakem umumnya sangat sulit. Oleh karena itu kita harus tahu terlebih dahulu bagaimana cara berpikir out of the box itu.



Cara berpikir keluar dari cara cara lama kini semakin familiar. Untuk mencari ide ide kreatif, cara ini dinilai sangat efektif. Pernah ada cerita, ketika penambangan emas menjadi trend. Orang orang berlomba lomba melakukan penambangan emas. Namun, pada akhirnya siapa yang menjadis kaya?

Ternyata yang menjadi kaya adalah penjual sekop. Karena ia mencoba keluar dari pemikiran orang orang pada umumnya dan mencoba mencari peluang dengan melihat kebutuhan dari para penambang. Ia melihat kebutuhan sekop akan semakin tinggi dan memang benar. Hingga akhirnya mengantarkan menjadi jutawan.
Seperti itu lah contoh kecil orang orang yang pemikirannya tidak dibatasi oleh sebuah pakem pada umumnya.

Kenapa kemudian saya tertarik untuk membahas hal ini, karena hal ini menarik. Saya kemudian tersadar saat mengikuti diskusi dengan salah seorang seniman di makassar. Sebelumnya memang informasi soal metode sudah sering. Namun, baru setelah diskusi saya mulai tertarik untuk mempraktekkannya.

Analoginya sangat mudah kenapa saya tertarik. Coba bayangkan jika dalam sebuah kerumunan semuanya memakai baju merah dan hanya anda yang memakai baju putih, maka siapa yang akan menjadi pusat perhatian...

Tentu saja anda.

Untuk bisa menarik perhatian orang untuk membaca tulisan anda misalnya, maka
sajikanlah tulisan yang orang-orang belum pernah baca atau minimal berbeda dari orang-orang yang sudah tahu pada umumnya.

Untuk bisa berpikir keluar dari ‘kotak’ maka kamu harus tahu apa yang dipikirkan oleh orang orang pada umumnya.

Ketika tahu apa yang dipikirkan orang orang pada umumnya, maka secara tidak langsung kita akan tahu apa yang tidak pernah terpikirkan oleh orang-orang .
Pada titik itulah kita akan bisa melihat peluang .

Namun, memang untuk bisa berpikir keluar dari pola pola lama maka dibutuhkan pembiasaan. Dan tidak dalam sekejap mata.

So, selamat mencoba.

Nb: Thanks... untuk diskusinya.

3 comments:

  1. Widodo Surya PutraJuly 4, 2011 at 9:25 AM

    Thanks buat artikelnya. Sangat menginspirasi saya. Minta izin di-copy utk direnungkan dan bisa diceritakan kepada sesama..

    ReplyDelete
  2. sangat inspiratif. Membuat saya belajar berfikir menjadi lebih kreatif

    ReplyDelete
  3. konstruksi pemikiran yang hebat..dan analoginya juga masuk banget..mohon izin menggunakan analoginya buat dishare dgn temen dan sahabat..:->

    ReplyDelete

silahkan tulis komentar anda di sini

Powered by Blogger.