Ads Top

Umur 13 Tahun Bisa Akses Facebook

sumber:archive.kaskus.us

          Mark Zuckerberck pendiri dan CEO Facebook akan membiarkan anak usia 13 tahun untuk menggunakan Facebook. Hal ini diungkapkannya ketika menjadi pembicara di pertemuan puncak inovasi sekolah di California. Seperti dikutip dari situs BBC, Mark Zukerberk mengakui bahwa mencari cara untuk meningkatkan pendidikan adalah salah satu gairahnya.

        Awalnya, kenapa facebook tidak membiarkan anak usia 13 tahun karena terbentur oleh aturan hukum the Children's Online Privacy Protection Act yang dibuat Federal Hukum di Amerika pada tahun 1998.


         Namun menurut Zukerberk, banyak mamfaat pendidikan yang bisa digunakan dengan situs ini. Sehingga hal itu layak diperjuangkan. Menurutnya, landasannya adalah pendidikan itu harus dimulai sejak usia muda. Jika itu dibatasi maka anak tak mempunyai kesempatan dari awal untuk mendapatkan pendidikan itu.

         Namun tentu saja hal ini menuai banyak kritikan. Banyak anggapan bahwa jika anak anak terlalu muda maka mereka belum bisa membedakan yang baik dan benar. Sehingga rentang terkena dampak negatif dari facebook. Seperti penculikan anak lewat facebook dan tindak kejahatan lainnya di situs FB.

          Dari laporan pusat perlindungan dan eksploitasi anak melalui online yang dilansir the telegraph menunjukkan peningkatan keluhan akibat FB. Peningkatannya sekitar empat kali lipat dalam dua belas bulan terakhir. Mereka kebanyakan mengeluh tentang rawannya gangguan anak di fb dan bisa saja mengakibatkan penculikan.

          Jika dilihat dari tujuan pendidikan yang diusung oleh Zukerberck mungkin saja. Apalagi banyak info yang biasanya menarik di FB. Tapi bagaimana mengetahui bahwa sasaran pendidikan itu mengena. Karena kebanyakan ketika bermain fb hanya berupa situs pertemanan. Kalau pun untuk melakukan diskusi dan menyiapkan materi pelajaran di FB itu sangat jarang.

          Kita tak bisa menutup mata bahwa telah banyak kejadian kriminal yang terjadi di FB. Kita tentu tak ingin ini terjadi dengan anak anak yang masih belia.


Kalau menurut teman teman seperti apa. ?
Apa memang perlu FB bisa diakses oleh anak usia 13 tahun ke bawah?


Fakta: Meski sebenarnya FB punya larangan bagi umur 13 tahun kebawah untuk mengakses fb tapi sudah banyak juga anak usia itu yang punya akun. mereka memanipulasi umur mereka sehingga bisa membuat akun di fb.

7 comments:

  1. teknologi sudah menjadi konsumsi khalayak umum tanpa mengenal usia...inilah yg menjdi tugas berat pihak kluarga dalam memberikan rambu2 dalam pribadi sang anak...

    ReplyDelete
  2. iya nih mas
    untung aja saya belum punya anak.. hehehe

    tapi emang nih.. orang tua perlu kerja ekstra nih.. hehehe

    untuk para orang tua dan teman teman semangat ..

    ReplyDelete
  3. hmmm...begitulah dunia makin maju...maka didiklah anakmu sesuai zamannya [Ali ra berkata..]
    maka yg bisa kita lakukan hanyalah menjaga diri dan keturunan kita...bukan mengurung mereka dr dunia luar...hehee,,,,sok dewasa akuu..kayaknya q kbanyakan makan tahu crispy mas..jd gag bisa mikir jernih,,,maen ke blogku ya mas...^^

    ReplyDelete
  4. hm..... memang sih kalo dibanding dengan ilmu dan wawasannya... banyak hal bisa di dapat dari dunia jejaring yang ini.... kita memang gak bisa underestimate untuk visi beliau yang perduli ilmu ini... ^_^ tapi banyak juga konsekuensi yang harus dimulai oleh kalangan dewasa sebagai pembimbing agar mempersiapkan putra-putri mereka sejak dini untuk takut dalam konteks moral... ah? masa tidak mungkin?

    ReplyDelete
  5. yup..
    perkembangan teknologi memang selalu punya dampak positif dan negatif.
    ya kembali kemasing masing kita. bagaimana caranya agar dampak negatifnya bisa diredam seminimal mungkin...

    salam mbak wied.

    ReplyDelete
  6. saya rasa sah2 saja....asal di dampingi orang tua ketika mengakses situs.

    takut buka situs yg lain

    ReplyDelete

silahkan tulis komentar anda di sini

Powered by Blogger.