Ads Top

Bicara Masalah



Saat santai, beberapa teman asik bercengkrama. Kemudian salah satu diantara mereka nyeletup. Kalau kalian punya masalah apa yang akan kalian lakukan?

#semuanya dalam posisi mikir. Ada yang mendongak ke langit langit, ada yang garuk garuk kepala, ada yang cuma senyum senyum, dan ada juga yang langsung timpalin pertanyaan itu dengan jawaban.

A: kalau saya punya masalah, dan masalahnya berat sekali, biasanya saya nangis sampai puas dalam kamar. Setelah itu, semua masalahnya terasa ringan.


Kok nangis, itu kan bukannya malah tidak menyelesaikan masalah. Setelahnya mungkin lega. Tapi masalah tak selesai. ujar seseorang dalam lingkaran itu menanggapi jawaban A.

Semua orang kemudian mengangguk setuju.

Terus ada yang coddok (ikut ikutan, red) jawab.

B: kalau saya, saat kena masalah atau jengkel, saya biasanya tulis di atas kertas. habis itu saya bakar kertas itu. Maka perasaanku akan kembali tenang. Seakan semua masalah juga ikut terbakar.

Wah.. kayak ritual saja... semua orang kemudian tertawa. tapi cukup masuk akal. Berikan sugesti dalam pikiran maka semua akan seperti apa yang dalam pikiran dan kembali aman.

Tak mau kalah, nyeletup lagi satu orang.

C: kalau saya punya masalah. Saya tidur dulu. lupakan semuanya sejenak. Kemudian kembali berpikir jernih. Habis itu, beraksi. Masalah kalau dibiarkan bisa parah.


semua orang pun angguk angguk kepala.
Tak lama,muncul lagi satu orang.

D: kalau saya, tidak mau pusing. saya pergi duduk di depan tv. makan. buat apa dibuat pusing dengan masalah. toh semua juga akan selesai. tuhan punya caranya sendiri dan menunjukkan jalan kepada setiap makhluknya untuk menyelesaikan masalahnya/..


Terus bagaimana dengan Anda..
Apa yang akan Anda lakukan ketikan dihadapkan pada masalah.. ???



14 comments:

  1. yang pastinya bangun disepertiga malam dan curhat kepada Aallah..hanyalah dialah yang bisa meringankan apa yg tgh dihadapi..

    ReplyDelete
  2. yup..
    sudah coba tuh mbak...

    dan meman efektif..

    ReplyDelete
  3. saya seduh teh... duduk manis depan rumah, baca koran, dan saatnya bicara!

    seperti mbak meutia, intinya: curhat!

    ReplyDelete
  4. yup...

    saatnya ngeteh... saatnya bicara,,

    ReplyDelete
  5. tidur dulu...tenangkan pikiran dan tubuh....pastinya kelelahan pada tubuh bisa menyebabkan berkurangnya kemampuan berpikir..selain itu hanya di Atas tempat kita berserah...

    ReplyDelete
  6. yaaaa cari jalan keluar.. curhat sama org terdekat yang bisa ngasih solusi dan yang di Atas tentnya...
    di tambah kalau lag suntuk banget ga tau jalan keluar biasanya ane di kamar denger lagu yang kenceng sambil nyanyi2....
    trus tidur deh...
    #nanti bangun2 dtg masalh baru lagi.. di teriakin tetangga karna brisik.. hehe

    ReplyDelete
  7. kalo aku punya mslh,biasanya jdi hiperaktif.cari bnyk bgt kegiatan,nulis,baca,lari,jongkok,tidur,makan,nonton,nangis,dan berdoa saat shalat dan mengaji.walau aku tau kdang smua ksbukan hnya mengalihkan perhatian dr mslh,bukan menyelesaikannya,stdaknya aku bs lbh fresh dan lbh siap untk brjuang.apalagi kalo mandi lama,wudlu,shalat,doa,ngaji.wuih..mantap.fresh lg..kadang jd kfkrn juga ide2 penyelesaian mslh..aku ga trlalu suka curhat,tpi bukan brarti anti curhat ma manusia..karna ga mau nambh beban bwt org lain.curhat ma Allah..cukuplah..

    ReplyDelete
  8. yup.
    seperti itulah.
    kita punya jurus ampuh masing masing.

    semoga setiap masalah bisa selesai dengan baik dan tidak menimbulkan masalah lain.

    ReplyDelete
  9. setelah satu masalah pergi..akan datang lagi masalah lain biasanya..tetep waspada...

    ReplyDelete
  10. masalah,,,, ketika itu masih bisa dibendung tanpa harus butuh pelampiasan semata,,, maka aku akan mengadu pada sajadah ,,, insya Allah demikian ^_^

    ReplyDelete
  11. amin.
    mg setiap kejadian yang kita alami atau kerjakan selalu dimudahkan.

    ReplyDelete

silahkan tulis komentar anda di sini

Powered by Blogger.