Ads Top

Blogilicious Fun Makassar

Bikin Ngeblog Jadi Tak Sekadar Ngeblog.
catatan workshop Blogilicious Makassar part II


sumber:emi

"Ngobrolin seluk beluk blog, sehingga ngeblog jadi lebih funky ber-style dan delicious."

          Melihat tagline ini, siapa yang tidak tertarik. Apalagi bagi para penggiat blog pemula seperti saya. Keingintahuan saya tentang blog menjadi semangat untuk ikut id blogilicious fun Makassar. Acara yang berlangsung dari Sabtu hingga Minggu ini, menarik sekitar 200 bloger dari beragam profesi. Ada yang berprofesi sebagai dokter, ada yang berprofesi sebagai pengusaha, ada yang berprofesi sebagai mahasiswa ada juga yang masih SMA. Semua berbaur jadi satu di ruang seminar Pusat Kegiatan Penelitian Universitas Hasanuddin.

         Menariknya, dari beberapa orang yang hadir, mereka berseloroh bahwa pekerjaan utamanya adalah ngeblog. Pekerjaan lain adalah sampingan. Seperti yang diungkapkan oleh dua pemateri dalam kegiatan Blogilicious Fun Makassar, Amril Taufig Gobel dan Ajeng. Kata Amril pekerjaan manajer di perusahaan pengeboran minyak adalah sampingan yang utama adalah blogger. Ajeng yang berprofesi sebagai Dosen Kedokteran Universitas Indonesia juga demikian. Hal ini tak pelak mengundang tawa dari ratusan peserta.


"Bloger adalah pekerjaan utama saya"
seloroh Amril Taufiq Gobel saat memperkenalkan diri dihadapan peserta (Salah satu pemateri Blogilicious Fun Makassar)


        Kemeriahan blogilicious fun makassar tak sampai disitu. Acara yang dibuka dengan Tari Paddupa asal Sulawesi Selatan ini, menghadirkan para pembicara yang ahli di bidangnya. Dari para pembicara, pembahasan seputar blog dikupas tuntas. Diawali hari pertama dengan tips dan trik ngeblog oleh Amril Taufig Gobel (daengbattala.com), etika ngeblog dari Ajeng (muslimah.web.id), mobile blogging dari Setyobudiyanto (setiyobudianto.com), dan blogpreneur dari Asri Tadda. Hari kedua dilanjutkan dengan blog monetizing oleh Kukuh TW, Tema oleh Mustamar, SEO Gempur dan pengamanan blog dari Terren (programmer).

sumber:emi

         Untuk mendapatkan itu semua, tak harus merogoh kocek dalam-dalam. Cukup mengeluarkan duit 25 ribu rupiah untuk non member id blog network. Spesial untuk member dapat diskon lima ribu rupiah. Selain itu, peserta juga dapat tambahan fasilitas antara lain, goodie bag yang isinya baju, sertifikat, map, lunch dan coffe break selama dua hari. Gimana, terjangkau kan?

          Dari Blogilicious Fun Makassar, membawa perubahan besar bagi para blogger yang ada di makassar. Banyak cerita yang dibawa pulang oleh tiap peserta. Beberapa orang teman yang sering saya kunjungi blognya kini lagi bersih bersih rumah (baca blog, red). Baik dari sisi konten ataupun tampilan. Sesuai dengan tema, dari Blogilicious Fun Makassar, ngeblog jadi lebih funky ber-style dan delicious sangat mengena.

          Selain itu, empat orang beruntung  membawa pulang oleh oleh dari Blogilicious Fun Makassar. Id blog network sebagai penyelenggara memberikan empat job review dengan nilai satu juta rupiah. Ke empat peserta ini nantinya akan menuliskan iklan kampanye dari sebuah produk pengiklan yang dijembatani oleh id blog network. Setelah itu, mereka akan mendapat bayaran dari tulisan mereka. Seru kan.

          Untuk Roadblog Blogilicious selanjutnya, segera akan dilaksanakan di Medan, Palembang, Yogjakarta dan Jakarta. Untuk daerah lain yang belum dikunjungi jangan berkecil hati. Mubarikah Manajer Pemasaran Id blog Network mengungkapkan bahwa id blog network akan menjaring 100 komunitas blogger untuk diajak bekerjasama membangun program unik tahun 2012. Jadi kalau anda anggota komunitas, dan daerah anda belum sempat dikunjungi, id blog network membuka peluang.

sumber:emi
Sekilas tentang Blog Monetizing.
(Cuplikan materi Bloglicious Fun Makassar)

          Bagi yang sudah sering ngeblog, monetizing atau mengubah sesuatu menjadi uang, bukanlah hal baru. Malah sebagian dari blogger telah mendedikasikan diri dengan ngeblog untuk menghasilkan uang. Sudah banyak contoh blog yang telah berhasil menghasilkan uang dari blog mereka.

Berawal dari sebuah hobi. Tak ada yang akan menyangka bahwa tulisan yang dihasilkan di blog itu bisa menghasilkan uang. Bahkan dari ngeblog bisa menghasilkan buku dan populer. Contohnya Raditya Dika pemilik blog kambing jantan. Berawal dari blog kemudian berhasil membuat buku. Malah terakhir ceritanya berhasil di filmkan. Seru kan.

           Kembali ke topik blog monetizing, tulisan ini sebagian kecil dari hasil Roadblog Blogilicious Fun Makassar. Jadi bagi yang tidak sempat ikut Roadblognya ini sedikit cuplikannya. Materi ini adalah salah satu materi yang banyak di ganrungi oleh peserta Roadblog Blogilicious Fun Makassar. Materi ini sempat disinggung pada hari pertama oleh Asri Tadda dengan materi Blogpreneur dan dilanjutkan pada hari kedua oleh Kukuh TW Direktur Id blog network.

         Asri menganalogikan blog seperti sebuah mall. Layaknya mall yang baru, agar pengunjung betah dan banyak, mall itu harus bersih dan tertata dengan rapi. Jadi kalau ingin banyak pengunjung di blog kita, maka blog kita harus bersih dan rapi. Selain itu, agar blog kita banyak yang kenal, carilah nama domain yang enak didengar dan gampang diingat. (tata blog dengan rapi).

          Setelah pengunjung banyak dan trafic meningkat, maka pengiklan akan tertarik memasang iklan di blog anda. Ada beberapa jenis iklan yang bisa anda pakai. Tapi yang sudah familiar adalah google adsense. Selain itu, anda bisa juga menggunakan blog untuk bisnis online. Terakhir bisa juga anda daftar di id blog network.

         Seperti yang dijelaskan oleh Kukuh, kini sekitar 3000 an blog anggota id blog network dan sekitar 4000 an blog yang menunggu untuk review. Ramainya blog yang ingin mendaftar karena Id blog network merupakan jembatan antara pengiklan dan blogger.

          Ada beberapa bentuk iklan di id blog network. Pertama pay per click yang tiap kliknya bisa sampai 2000 rupiah. kedua, pay per action, dan ada juga job review yang nilainya bisa sampai satu juta rupiah per job.

          Untuk bisa masuk anggota id blog network, ada beberapa ketentuan salah satunya tak boleh ada unsur pornograpi dan sara. Dengan rekomendasi dari teman yang sudah terdaftar maka anda akan melalui proses review oleh tim id blog network untuk menjadi anggota.



22 comments:

  1. pengen bisa nimbrung....pasti banyak saran dan motivasi yg diperoleh ya mas arman...

    ReplyDelete
  2. ia,
    kalau ikutin dari awal, semuanya di kupas tuntas...

    liat aja materi materinya. mulai dari dasar sampai atas atasnya mas nitnot...

    ReplyDelete
  3. wah seru ni arman..bisa nambah banyak ilmu..bukan sekdar cuma ngeblog ^_^

    ReplyDelete
  4. makasih kunjungannya mbak meutia.

    mari berbagi..

    ReplyDelete
  5. wow.. mantabz..

    sya boleh minta dipostingkan bahasan per item degan selengkap2nya?? :D

    NB: ini komen org tidak tau diri.. :D
    but, thanks for share. sumpah sekarang penasaran buanged dah.

    ReplyDelete
  6. yup...
    soal materi ntar di posting satu satu..

    tunggu kelanjutannya aja. kalau sudah ada nanti saya postingkan sekaligus kasi url nya biar gampang....

    ReplyDelete
  7. salam kenal untuk seluruh blogger di indonesia... saya dari Jepara... mhon ilmunya

    ReplyDelete
  8. info yang menarik nih...beneran ye ditunggu seri berikutnya seperi requestnya mbak asriani amir? :D

    ReplyDelete
  9. kunjungan perdana :)

    wah semakin nggak sabar nih pengen ikutan yang di medan
    Happy Blogging \(^-^)/

    ReplyDelete
  10. @todi: sip. ntar saya share ke mas todi kalau udah..

    @mimi: ditunggu cerita serunya kalau gitu. slam

    ReplyDelete
  11. yup...
    makasih juga udah berkunjung balik..

    salam..

    ReplyDelete
  12. Follow berjalan sukses #59, Thanks ya dah follow duluan.

    ReplyDelete
  13. Wahh. wahh... asik skali tulisanya bro ... mudah - mudahan menang... mau ka juga ikut dech :D

    ReplyDelete
  14. mana link follow bloger nyah???

    ReplyDelete
  15. saya udah pasang di bawah postingan/
    cuma ngak muncul liez.
    thank udah mau follow.

    salam.

    ReplyDelete
  16. Blogilicious Fun Makassar memang keren. Saya juga ikutan . . .

    ReplyDelete
  17. wah..
    untuk semua yang ikutan. sukses..!!
    cayyo..!

    ReplyDelete
  18. jadi nggak sabar nungguin Blogilicious Palembang tgl 5 dan 6 juni ini..
    udah dpt referensi ni. tq arman ;)

    ReplyDelete

silahkan tulis komentar anda di sini

Powered by Blogger.