Ads Top

Catatan Blogilicious Fun Makassar

Materi Blogilicious Fun Makassar
Catatan Workshop Part III (Habis)


         Bagi pembaca jokka-jokka, mungkin masih ingat dengan acara yang diadakan oleh id blog network bekerjasama dengan Komunitas Blogger Anging Mamiri Makassar. Ya, id Blogilicious fun makassar. Sebagian mungkin adalah peserta. Tapi kebanyakan mungkin menyesal tidak sempat ikut dalam kegiatan ini.

         Tapi jangan khawatir. Sesuai janji saya sebelumnya, saya akan berbagi untuk sahabat jokka jokka. Postingan ini akan memuat ringkasan materi dari para pemateri blogilicious yang bertempat di Gedung PKP Unhas. Tapi sebelumnya, bagi yang belum sempat ikut kegiatan ini, dan ingin berkenalan dengan para pemateri kondangnya, silahkan baca postingan Blogilicious Fun Makassar: Catatan Workshop (part1).


Bagaimana sudah kenal dengan para pematerinya?

Kalau gitu langsung saja kita masuk ke materinya.
  • Pertama Tips bloging

         Materi ini dibawakan oleh amril taufiq gobel pada sesi pertama. Dipandu oleh ketua komunitas blogger anging mamiri makassar Daeng Ipul. Materi dibawakan dengan cepat. tapi meski cepat, tips blogingnya sangat mengena.

         Awalnya Amril menjelaskan tentang blog. perbedaan antara blog dan website. Ada sudah tahu gak? Perbedaan mendasarnya adalah komunikasinya. Kalau blog terjalin komunikasi dua arah (terjadi percakapan antara pembaca dan penulis). Sedang website hanya satu arah.

         Setelah itu, Amril melanjutkan dengan sesi pemanasan berikutnya. Slide demi slide tentang pengetahuan dasar blog berganti. Dimana blog punya genre masing masing. Ada blog tentang politik, sastra, travel, blog kesehatan dan ada juga blog campur campur.

         Namun, dari keseluruhan jenre itu, konsistensi dalam penulisan adalah hal yang ditekankan oleh Amril. Kebanyakan bloger baru tidak bisa menjaga konsistensi ini. Sehingga banyak blog yang ditinggal oleh penghuninya dan tidak aktif lagi. "Tak perlu tiap hari tapi tetap konsisten menulis" ujar Amril. Penulis buku "narsis" dan "menyusup senja" ini mengungkapkan bahwa ia sendiri menetapkan target menulis minimal dua kali seminggu.

         Dalam menulis tidak perlu ribet. Cukup mulai menulis tentang apa yang terjadi di sekeliling kita. Yang namanya inspirasi tak akan pernah habis. Amril berbagi pengalaman tentang bagaimana ia menulis pada blog pertamanya. "saya menulis tentang anak saya, seolah olah saya bercerita sebagai anak saya" ujarnya. Kini isi blog itu telah berhasil dibukukan.

  • Kedua Etika bloging.

         "Blog juga punya etikanya. Bukan cuma dokter atau profesi lainnya" ujar Ajeng (pemilik blog muslimah.web.id) mengawali materi yang dibawakannya. Kenapa materi ini penting, karena banyak blogger yang sering melakukan tindakan yang tidak seharusnya. Paling sering adalah copas (copy paste). Banyak bloger yang hanya mengkopi karya orang lain tanpa ikut menulis sumbernya. Ini salah.

         Selain itu, dalam ngeblog kita memang mempunyai kebebasan. Tapi dalam kebebasan itu ada juga kebebasan orang lain. Selama masih di dashboard kita bisa bebas menulis dan mengatai ngatai orang lain. Tapi ketika di publish itu sudah bukan lagi daerah personal. Itu sudah menjadi komsumsi umum. "Makanya dalam menulis, kita harus punya etika juga,"ujar pemilik nama blog ajengkol ini mengingatkan para peserta blogilicious fun makassar.









  • Materi tema blog yang dibawakan oleh mustamar dapat dibaca juga disini

  • Materi teknik SEO juga bisa dilihat disini.

Untuk para pembaca jokka-jokka selamat menyimak. moga bermamfaat

         Untuk id blog network moga tambah sukses dan menyelenggarakan event yang lebih seru lagi nantinya. Soalnya, dengan adanya blogilicious fun makassar ini, semangat untuk menulis dan ngeblog jadi bertambah. Selain itu, jaringan pertemanan yang terjadi selama event blogilicious tidak hanya sampai disitu. Tapi juga berlangsung setelahnya. Pokoknya mantap deh untuk id blog network dan blogiliciousnya. hehehe

6 comments:

  1. wow luar biasa kawan.... anak makassar hebat mentoing,.. makassar bisa tonji... heheh jalan-jalanki juga diblogku... http://www.rizved.com/2011/05/blogilicious-fun-makassar-euforia.html

    ReplyDelete
  2. yup.
    mantap juga untuk blognya..

    salam

    ReplyDelete
  3. Salam kenal .. blognya keren liputannya mantap :)

    ReplyDelete
  4. waww,....kedengarannya benar_benar fun..
    sayang gak bia ikut serta, kebetulan lagi ada ujian..

    salam blogger Makassar

    ReplyDelete
  5. ya//
    sayang sekali...

    tapi tidak apa apa..

    selamat membaca reviewnya..
    mari saling berbagi.

    ReplyDelete

silahkan tulis komentar anda di sini

Powered by Blogger.