Ads Top

Blogilicious Fun Makassar: Catatan Workshop (part1)

     Ngeblog memang tidak pernah ada matinya. Selalu saja ada hal menarik yang membuat semangat untuk ngeblog. Contohnya hari ini, saya mengikuti event id Bloglicious Fun Makassar yang diadakan oleh id blog network bekerjasama dengan Komunitas Bloger Anging Mamiri Makassar. Acara ini dilakukan di enam kota besar di Indonesia. Makassar adalah kota kedua setelah Surabaya. Menyusul Medan, Palembang, Yogjakarta, dan Jakarta.



    Dari event ini saya semakin menyadari bahwa ngeblog bukanlah pekerjaan yang sia sia. Banyak hal yang bisa kita lakukan dan manfaat yang bisa kita dapatkan. Salah satu contoh Amril Taufiq Gobel, salah satu pembicara dalam Id Bloglicious. Dengan daengbattala.com (Personal brand yang dibangun dari blognya, red), Pria yang bekerja sebagai salah satu manajer di perusahaan pengeboran minyak ini berhasil melakukan perjalanan ke Hongkong, disneyland tanpa biaya sedikit pun.

    Selain itu, pria yang memiliki postur sesuai dengan personal brand yang dibangunnya ini, juga terpilih sebagai kontributor untuk yahoo indonesia. Itu berkat kesenangannya ngeblog. Cerita lain, ia bisa keliling ke daerah tanpa biaya sedikit pun karena ngeblog juga.


     Selain Amril, ada juga Asri Tadda. Seorang bloggerpreneur yang berhasil mendirikan sekolah bloger pertama di Asia. Dalam sesi yang dibawakannya, Asri mengaku berhasil meraup dollar dengan ngeblog. Dari akun paypal per agustus 2010 saja dia berhasil meraup puluhan ribu dollar. Google adsense yang dimiliki per 2010 lalu juga tercatat ada ribuan dollar perbulan. Ini adalah hal yang nyata.

     Awalnya Asri hanya belajar otodidak ngeblog. Kemudian ia terpilih sebagai juara dua wirausaha mandiri dengan blog. Setelah itu mendirikan sekolah blog Astamedia grup. Dalam sekolah ini menuntun para bloger pemula bagaimana ngeblog dan menghasilkan uang dari blog. Kini ia telah berhasil dalam hidupnya dengan ngeblog.

    Dari dua orang inilah, banyak tips dan trik yang dibagi kepada para peserta. Kata Amril, konsistensi dalam ngeblog itu yang harus dijaga. Jangan tinggalkan blog kita sampai terlalu lama. Minimal posting tulisan dua dalam seminggu. Mengutip dari motto om jay (kompasianer teraktif yang juga hadir di id bloglicious), "Menulislah sebelum tidur".
     Kalau Asri bilang, buatlah blog yang spesifik dan Bangunlah personal brand yang unik. Karena dengan begitu, akan meningkatkan traffic dan pengiklan akan tertarik dengan blog kita.
(ini hanyalah salah satu tipsnya. masih banyak lagi tips yang dibagi).

    Selain Amril dan Asri ada juga mbak ajeng bloger bekasi yang memiliki blog muslimah.web.id, seorang dosen kedokteran UI. Ajeng membawakan materi tentang etika ngeblog. Kata Ajeng, Selama tulisan masih ada dalam dashboard, itu adalah ranah pribadi. Tapi kapan di publish maka itu sudah menjadi ranah umum. Jadi jangan memposting hal hal yang bisa menjadi pencemaran nama baik.

     Ada Irayani queencyputri, seorang Dokter gigi, yang membawakan materi tentang sosial media. Dimana perkembangan sosial media kini sangat pesat. Dengan adanya sosial media maka marketing pun ikut berubah. Kini banyak marketing yang memamfaatkan sosial media, termasuk blog dan jejaring sosial seperti fb dan twitter.

    Terakhir ada juga setyobudiyanto. Kalau Setio lebih kepada mobile blogging. bagaimana aplikasi dan perangkat yang bisa digunakan untuk mendukung ngeblog. Apa teknologi terbaru dan bagaimana semua teknologi dan perangkat itu bekerjasama.
sekedar info, setyo ini juga salah satu peserta yang diundang pergi jalan jalan ke disneyland, hongkong, bersama Amril.

NB : untuk tips dan trik monetizing yang lebih lengkap besok aja yah.

7 comments:

  1. sy butuh yg monetizing-nya...haha *matre
    ndak sabar tunggu besok... :p

    ReplyDelete
  2. seru nih acara sepertinya :) cuma roadshownya ko ga mampir ke kalimantan ya? :(

    ReplyDelete
  3. ia.
    pokoknya acara ini mengupas semua tentang blog.
    pokoknya tuntas.

    marahin panitianya tod. kok ngak singgah di kalimantn. padahalkan kalimantan juga seruh tuh...

    ReplyDelete
  4. coba saya disana pasti ikut ...:( membuat motivasi ngeblog bertambah :)

    ReplyDelete
  5. ia mas nitnot.
    cb mas ada disini.. pasti seru.. hehehe

    eh ada atun juga mas..

    ReplyDelete
  6. Ringkas, padat, tapi artikelnya berisi. Setidaknya saya bisa mengambil hikmah, yaitu menjaga konsistensi update postingan blog -dimana hal ini seringkali saya lupakan karena faktor kesibukan offline-.
    Nice article, Kang. Saya bangga dengan yang tersurat di artikel ini, mampu memacu lagi motivasi saya dalam hal menulis.

    Salam kenal & sukses selalu, Kang...

    ReplyDelete

silahkan tulis komentar anda di sini

Powered by Blogger.