Ads Top

Peluang Usaha di Indonesia

(catatan Kuliah Umum Anindya Bakrie #2)
Meski kuliah umum molor hingga pukul 11 siang, tapi tak ada yang rela untuk meninggalkan kursinya. Bahkan ketika kuliah umum yang dibawakan oleh Anindya N Bakrie berlangsung selama satu jam lebih, tampak ada peserta yang berdiri. Entah ini karena mereka sangat ingin mendengarkan kiat wirausaha dari putra sulung Bakrie atau ingin melihat artis cantik Nia Ramadani atau ada maksud lain. Entahlah, hanya peserta itu sendiri yang tahu.

Bagi yang ingin mendengarkan kuliah umum tapi tidak sempat hadir, jangan khawatir. Saya akan menuliskan sedikit ringkasannya. So, silahkan lanjut baca postingannya.

foto: arman
Peluang dan Tantangan Wirausaha di Indonesia
Anindya mengawali presentasinya dengan judul “Opportunities Straight Ahead”. Entah apa artinya, silahkan artikan sendiri. Pemimpin dari Tvone, Bakrie Telecom, Vivanews, Antv dan beberapa lagi perusahaan lainnya ini mengungkapkan bahwa peluang dan tantangan itu beda tipis. Melihat peluang itu harus dilihat dengan kacamata yang terjadi di dunia.

Dulu terjadi paradigma bahwa barat selalu menjadi pembeli rempah (sumber daya alam) dan timur menjual. Tapi kini malah terjadi sebaliknya. Timur yang kini jadi pembeli. Sehingga perdagangan akan terjadi lebih banyak di pasar Asia. Itu fakta pertama.

Fakta kedua, di Indonesia sering jadi ‘tukang jahit’ dimana tukang jahit dibayar berdasarkan barang yang dijahit. Jarang yang seperti Giorgio Armani, yang dibayar karena dia punya brand.
Jarang yang mau mengelolah barang secara industrialisasi.

Fakta ketiga, Konektivitas antar pulau yang masih terbatas. Namun, memiliki peluang usaha dan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang sangat bagus.

Fakta lain bahwa pertumbuhan penduduk indonesia lebih baik dari pada yang terjadi di Barat. Soalnya, di barat hampir 60 persen penduduknya berusia diatas 40 tahun. Sedangkan di Indonesia orang orang mudanya lebih banyak. Artinya, produktivitas dari Indonesia lebih baik.

Peluang Usaha di Indonesia
Foods : Agribisnis, perikanan. contoh produknya seperti babarafi, bakso lapangan tembak senayan. kalau di Makassar ada Ulu juku dan otak otak ibu eli.

Clothing: 55 persen dari China dan 45 persen dari pasar domestik. Seperti Distro, pakaian muslim dan batik.

Home: Indonesia butuh 700 ribu rumah baru tiap tahun dan 1.3 triliun rumah yang direnovasi. contoh produk seperti real estate dan apartment.

Education: seperti Bimbingan belajar

Health : seperti membangun konsultasi kesehatan

Creative Industry; Seperti entertainment, dan ring back tone

1 comment:

  1. maksih infonya, kami tunggu triks2 mempersiapkan peluang bisnis itu :)

    ReplyDelete

silahkan tulis komentar anda di sini

Powered by Blogger.