Ads Top

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris

Bahasa inggris nampaknya sudah harus menjadi bahasa wajib bagi anak muda zaman sekarang. Soalnya kalau ingin mendapatkan pekerjaan dengan gaji gede maka syaratnya harus bisa menggunakan bahasa asing. Bahkan kini hampir tak ada lagi perusahaan yang tidak menggunakan bahasa inggris sebagai persyaratan.

Setiap lowongan pekerjaan yang terpampang di semua media, semuanya pasti memasukkan persyaratan fasih bahasa inggris atau harus memiliki nilai toefl dengan standar tertentu. atau paling tidak harus bisa bercakap bahasa inggris.

Besarnya tuntutan ini mengakibatkan menjamur banyak komunitas di Universitas Hasanuddin (Unhas). Hampir setiap lembaga kemahasiswaan atau institusi membentuk sebuah komunitas atau paguyuban untuk mewadahi mahasiswa atau anggota agar fasih menggunakan bahasa inggris.

Tercatat ada puluhan komunitas bahasa inggris yang terbentuk di Unhas dan mungkin masih banyak lagi. Komunitas tersebut antara lain Hasanuddin Engglish Debate Society (HEDS), Hasanuddin Engglish Comunity (HEC), Welcome 09, Intelectual Engglish Comunity, dan masih banyak lagi.

Selain komunitas bahasa inggris yang sifatnya tanpa biaya, ada juga lembaga kursus berbayar yang ikut menjamur. Seperti Briton, LIA, Engglish Language Center (ELC), Easy Speak dan masih banyak lagi yang tersebar di hampir seluruh wilayah makassar.

Menjamurnya lembaga dan komunitas ini adalah sebagai wujud dan keharusan tiap orang untuk bisa berbahasa asing. Hal itu hanyalah salah satu wadah dan cara yang digunakan. Di bawah ini ada beberapa cara lain yang bisa digunakan untuk menguasai bahasa inggris. 

Tips Fasih menggunakan Bahasa Inggris

Bagi anda yang ingin mencoba untuk melakukan sedikit eksperimen untuk fasih berbahasa inggris. Ada beberapa cara yang bisa kita gunakan. Antara lain:

Listening
Dengan banyak mendengar maka akan memacu pendengaran untuk terbiasa dengan bahasa inggris. Jika kita sudah terbiasa dengan kata kata bahasa inggris dan dapat mendengar jelas apa yang dikatakan. Maka akan mempermudah kita untuk melakukan percakapan bahasa inggris.

Trascribe Video
Untuk mempermudah kita melatih pendengaran atau membiasakan diri mendengar bahasa inggris adalah melakukan transcribe video. banyak video yang tersebar di internet. atau kita bisa menggunakan berita video seperti cnn [dot] com.

Berlatih dengan Orang yang sudah fasih berbahasa inggris
cara ini sangat ampuh. Karena jika kita melakukan kesalahan akan ada yang memperbaiki dan memberikan sedikit penjelasan. Native speaker bisa dengan orang orang terdekat yang sudah paham atau bisa juga menggunakan fasilitas internet. Dengan berteman dengan orang dari luar negeri atau senior yang ada sedang melanjutkan studi di luar negeri.

Gabung komunitas
Dengan gabung dengan komunitas maka kita bisa melakukan latihan secara langsung. Tak perlu takut untuk bicara karena yang namanya komunitas kita belajar bersama sama. Dengan gabung di komunitas maka kita juga bisa memunculkan kepercayaan diri untuk berbicara bahasa inggris.

8 comments:

  1. Semua cara udah dicoba, kenapa masih susah ya?

    ReplyDelete
  2. wah...
    saya pikir, belajar bahasa inggris butuh praktek.
    beberapa teman sudah jago soalnya praktek terus..
    saya juga smangat 45 nih buat praktek..
    moga sukses untuk semuanya...

    ReplyDelete
  3. Emang technology nggak ada matinya ya. sampai2 belajar bahasa aja juga udah bisa cuma lewat internet. thanks bro untuk sharingnya :)

    ReplyDelete
  4. Mantep Tipsnya Dek...
    Saya Mau Liat Pengaplikasian dari Emy deeeh kalau saya Balik Ke Makassar...

    Salam Hangat dari Kutai Barat Deeek.. ^__^

    ReplyDelete
  5. ass,, saya mau nanya bgmn yaa caranya gabung ma komunitas2 bhs inggris ???

    ReplyDelete

silahkan tulis komentar anda di sini

Powered by Blogger.