Ads Top

Agar Mudik Tak Susah

Tak lengkap rasanya jika lebaran tak kumpul bersama keluarga. Bagi para perantau, inilah momen yang ditunggu tunggu. Apalagi waktu libur cukup panjang untuk bersua dan berbagi keceriaan bersama keluarga. Jadi jangan heran jika hampir semua moda transportasi dibanjiri oleh penumpang. Sampai sampai, beberapa ruas jalan dibuat macet oleh bus, mobil dan kendaraan roda yang sama sama ingin mudik.

Makanya kalau tidak cepat pesan tiket jauh hari sebelumnya, bisa jadi tidak dapat tiket untuk pulang kampung. Oleh karena itu, untuk memudahkan perjalanan pulang Anda berikut beberapa tips dan info penting bagi para pemudik.


Bagi Anda yang ingin pulang mudik menggunakan kendaraan umum, maka pesanlah tiket dua minggu sebelumnya. Kalau perlu satu bulan sebelum keberangkatan tiket sudah ada ditangan. Karena biasanya jika pesan dekat hari keberangkatan, tak ada lagi kursi yang kosong. Bisa jadi juga harga tiket akan melambung tinggi. Dari pada pusing lebih baik rencanakan mudik Anda lebih awal.

Bagi Anda yang ingin mudik menggunakan kereta api, Anda tidak perlu jauh jauh ke stasiun dan repot antri membeli tiket. Karena PT Kereta Api Indonesia telah bekerjasama dengan Kantor Pos, BRI, BII dan Bank Mandiri untuk melayani transaksi tiket. Caranya, Anda hanya menelpon 121 terlebih dahulu untuk mengetahui jadwal keberangkatan ketersediaan bangku dan mendapat kode booking. Setelah mendapat info keberangkatan Anda bisa membayar di kantor kantor kerjasama PT KAI tadi dan menukarkan struk pembayaran di lokasi keberangkatan. Cukup mudahkan. info lebih lengkap dapat dilihat disini

Untuk Anda yang ingin mudik tapi tidak punya biaya, jangan khawatir. Karena tahun ini banyak perusahaan yang menawarkan mudik gratis. Saat ini tercatat di kepolisian ada belasan program mudik gratis yang ditawarkan seperti PT Jasa Raharja, Telkomsel Mudik Mobil, Telkomsel Mudik Kereta Api, Telkomsel Mudik Pesawat, Bank BRI, Paguyuban Jawa Tengah Jabodetabek, PT Holcim Indonesia, Sido Muncul, PT Astra Honda Motor, PT Indofood Sukses Makmur, PT Yamaha Motor Indonesia, Giant Hypermart, PT XL Axiata, PT Wahana Makmur Sejati, PT Indosat, dan, BNI 46.

Untuk yang mudik menggunakan motor atau mobil pribadi, perhatikan dengan baik kendaraan Anda, mulai dari ban motor, rem hingga lampu motor. Karena kelancaran perjalanan Anda tergantung seberapa baik kondisi motor atau mobil Anda. Sekali kali anda boleh berhenti di bengkel bengkel layanan gratis yang disiapkan dipinggir jalan. Ada Pos Jaga, Bengkel 24 Jam serta Bengkel Tetap Buka.

Beberapa bengkel menawarkan beragam pelayanan yang memanjakan para pemudik. Seperti toyota yang memberikan pertamax gratis buat pemudik, ada Service Car suzuki, Selain itu, Tol jasa marga juga tak mau ketinggalan memanjakan para pemudik. Jasa Marga menyiapkan poliklinik dan bengkel perbaikan secara gratis H-7 sampai H+7 di ruas tol Jakarta-Cikampek, Jakarta-Tangerang, Purbaleunyi, Pali-Kanci dan Jorr,.(sumber: detik.comhttp://us.metro.vivanews.com/news/read/242591-ada-28-peristirahatan-di-sepanjang-jalan-tol).

Satu hal penting juga yang harus diperhatikan oleh para pemudik adalah barang bawaan. Biasanya mudik tanpa barang bawaan tak lengkap rasanya. Saking senangnya mudik sampai semua barang ingin dibawa. Usahakan hanya membawa barang seperlunya saja. Jangan berlebihan. Kalaupun membawa banyak barang. Perkirakan apakah barang itu bisa muat atau tidak. Jangan sampai anda hanya kewalahan di perjalanan.

Terakhir, berhati hatilah selama perjalanan mudik. Jaga baik baik barang bawaan Anda, untuk yang membawa kendaraan pribadi jangan ngebut saat di jalan. Lebih baik terlambat tapi selamat. Selamat mudik. Moga hari ini menjadi mudik dan lebaran terindah bagi kita semua. amin.

2 comments:

  1. Saya tambahin,jangan lupa titipan rumah kepada sanak & saudara terdekat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan ketika kita sedang asyik mudik
    Dah saya follow blog kamu,gantian ya follow back blog saya

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah saya pakai motor dan sudah ta salonin motorku Bang. Hehe. Postinganmu kali ini pas bangeeeet mepet lebaran pasti bnayak buth info macam ini nih. Yang posting mudi gak yah? Hehe

    Happy mudik ya, maaf lahir batin. ^_^

    ReplyDelete

silahkan tulis komentar anda di sini

Powered by Blogger.