Ads Top

Mimpi 1000 blogger Nusantara dan Blogpreneur Indonesia

Menyatukan 1000 blogger nusantara dan blogpreneur Indonesia dalam satu tempat. Mungkinkah? Kebanyakan orang tentu akan langsung bilang tak mungkin dengan sejuta alasannya. 1000 blogger itu jumlah yang terlalu banyak. Lokasi blogger nusantara jauh dan tidak mungkin ada yang mau menghabiskan uang untuk ikut kegiatan ini. Dan banyak lagi alasan lainnya. Mana mungking! Itu hanya mimpi.

Tapi siapa bilang mimpi tak bisa jadi kenyataan. Banyak kok yang berawal dari mimpi. Orang terbang menggunakan pesawat itu dulu hanya mimpi. orang bicara meski tak berhadapan itu juga hanya mimpi. Seperti halnya mimpi mimpi yang telah jadi kenyataan, saya percaya mimpi 1000 blogger nusantara dan blogpreneur Indonesia akan menjadi kenyataan juga.

Keyakinan ini bukan tanpa dasar. Mari kita ulas satu persatu kenapa mimpi ini tak hanya akan jadi sekadar mimpi seperti jejak di pantai yang hilang tersapu ombak. Tapi akan menjadi kenyataan. Kita mulai dari kondisi blogger di Indonesia.

Kenapa Orang Indonesia ngeblog?

Sebelum tahu kondisi blog Indonesia, kita harus tahu dulu awalnya orang Indonesia ngeblog. Ada yang tahu tidak, Kenapa yah orang Indonesia ngeblog?

Kalau ditanya secara pribadi kenapa ngeblog, saya akan jawab penasaran. Bagaimana tidak penasaran. Hampir semua orang membicarakannya. Tentu saja saya tidak ingin dibilang ketinggalan dan dicap gaptek (gagap teknologi). Dari pada dicap gaptek lebih baik ikutan ngeblog. Tidak ada ruginya juga.

Akhirnya, tercatat tahun 2008 sebagai awal debutku di dunia blogging. Semua otodidak. Untung ada om Google yang selalu menjawab pertanyaanku. Begitu banyak informasi yang tersedia. Semakin saya mencari, semakin bodoh saja. Tentu saja itu membuat saya sangat bersemangat.

Sayangnya, semangat ini tak berlangsung lama. Pasalnya, setelah ngeblog satu bulan tak ada keasyikan dan mamfaat langsung yang saya rasakan. Setelah posting tulisan, aktifitasnya berhenti disitu. Tak ada lagi kesenangan lainnya. Ngeblog jadi sangat membosankan. Saat itu dunia social media juga masih belum sepopuler sekarang. Akhirnya, dari pada bosan sendiri lebih baik cari aktifitas lain. Blog yang baru seumur jagung pun akhirnya mati suri.

Tapi, seiring waktu, blog semakin populer. Tua, muda, laki-laki, perempuan semuanya ikut ngeblog. Komunitas blog bermunculan dimana-mana. Di Makassar ada angingmammiri, ada loenpia di Semarang, Tugupahlawan di Surabaya, ada debloger di depok dan masih banyak lagi yang jika disebut satu persatu, postingan ini tidak akan cukup. Itu baru komunitas yang sudah besar. Belum komunitas yang belum terekspos yang mungkin jumlahnya mencapai ratusan. Siapa yang tahu.

Bayangkan perubahannya hampir hitungan detik. Ada yang memprediksi bahwa satu blog muncul tiap 7,5 detik di dunia. Perkiraan ini bisa saja benar. Kondisi mendukung. Teknologi semakin pesat, orang bebas mengakses internet.

Indonesia, meski masih Negara berkembang, tapi urusan blog Republik ini termasuk negara dengan pengguna blog terbesar. Bayangkan tahun 2009 tercatat 600 ribu blog. Hanya selang satu tahun, akun blog meningkat menjadi 2 juta blog. Bahkan awal tahun 2011 meningkat menjadi dua kali lipatnya menjadi 4 juta blog. Hmm… Fantastis.

Berdasarkan peringkat website yang paling populer di setiap Negara versi alexa, blogger.com (salah satu situs penyedia blog gratis) menduduki peringkat 4 terpopuler di Indonesia Setelah Facebook dan google.

Sedangkan untuk Negara lainnya, blogger menduduki peringkat 6 di india dan Philipina, peringkat 8 di Amerika dan Saudi Arabia, peringkat 10 di Australia, dan peringkat 20 di Negara Sakura, Jepang. (sumber:alexa.com tanggal 19 September 2011).

Wow! Angka ini sangat fantastis. Segitu penasarannya kah orang Indonesia ngeblog sehingga menempatkan blogger sebagai peringkat empat terpopuler di seantero Indonesia. Padahal untuk Negara maju seperti jepang dan amerika malah hanya menduduki peringkat 10 ke bawah. Tentu ada alasan kenapa blog jadi sangat populer di Indonesia. Mari kita coba jawab dan tanyakan kepada diri kita masing-masing.

Apa Asyiknya ngeblog di Indonesia?
Pertanyaan yang membuat saya vakum ngeblog karena tak menemukan jawabannya. Tapi itu dulu. Kini, saya mulai menemukan kesenangan ngeblog. Adanya komunitas blog ternyata mendorongku untuk terus menulis dan menggeluti dunia blog. Setiap postingan tulisan yang saya share ke komunitas/grup, akan ada umpan balik. Komentar berdatangan. Ada yang nulis dengan nada bercanda, ada yang muji, ada yang beri masukan.

Keasyikannya tak berhenti disitu, ketika ada yang beri komentar dan terhubung dengan google friend conector, maka akan ada kunjungan balik lagi dari yang punya postingan. Baik sekadar menyapa, atau saling berkenalan, hingga akhirnya menjadi pembaca tetap. Ketika itu terjadi, seakan blog telah menyatukan yang jauh menjadi dekat. Meski tak pernah bertemu seakan sudah begitu lama kenal. Begitu seterusnya sehingga ngeblog tak lagi jadi sekadar ngeblog tapi lebih dari itu. Menjalin persahabatan di dunia maya.

Aktifitas Blogwalking (BW), folow blog menjadi aktifitas baru yang menyenangkan. Melebarkan jejaring persahabatan dan saling sharing bersama. Itulah menurutku kekuatan blog yang sebenarnya di Indonesia. Tak hanya berteman dengan tetangga tapi bahkan blog bisa menghubungkan dengan orang di luar pulau tempat kita tinggal. Itulah asyiknya ngeblog yang saya rasakan. Yang membuat saya ingin terus ngeblog.

Pernah ada cerita, saya posting perjalanan saya ke Toraja, salah satu daerah wisata di Sulawesi Selatan. Menurutku waktu saya menulis tulisan ini hanya iseng saja. Saya menulis tempat tempat yang saya kunjungi, ritual dan tempat mendapatkan oleh oleh. Ternyata, tulisan ini paling banyak dicari oleh orang orang di luar Sulawesi dan mancanegara. Bahkan dua tahun setelah saya posting masih terus saja dibaca orang. Wah, saya jadi tambah bersemangat untuk terus berbagi informasi. Satu petuah yang saya dapatkan, mungkin saja kita anggap biasa biasa saja karena sudah sering melihatnya, tapi bagi orang yang tidak pernah datang, itu bisa jadi luarbiasa. Itulah indahnya ngeblog.
Jadi Enterpreneur Lewat Blog
Keasyikan lain dari ngeblog ternyata bisa menghasilkan uang. Ini juga yang menjadi salah satu penarik kenapa blog Indonesia tumbuh subur. Blogpreneur begitulah sebutan untuk bloger enterpreneur. Meski masih asing dalam kamus ku tapi kini saya telah memulainya. Pertama kali mengenal istilah ini saat acara blogilicious di Makassar.

Pertanyaannya, Apakah bisa dapat penghasilan dari hanya ngeblog.

Bisa saja.

Pasar sekarang telah berubah. Dulunya hanya dilakukan di dunia nyata sedikit demi sedikit bergeser ke dunia online.

Blog yang dulunya hanya hobi sangat berpeluang untuk bisa dijadikan rumah untuk memasarkan produk. Cukup membuat blog jual beli, menayangkan info produk dan list harga. Setelah itu pasarkan di dunia online dan sosial media. Hasilnya bisa anda bayangkan sendiri. Uang akan berdatangan kepada kita.

Selain blog yang langsung menampilkan info produk seperti toko buku online. toko penjualan tas online, toko jilbab online dan toko-toko online lainnya, ada juga tawaran iklan yang jumlah budgetnya lumayan. Seperti yang ditawarkan oleh idblognetwork (sebuah company yang menjembatani antara pengiklan dan blogger). Ada iklan pay per click (bayaran dibayar per klik), cost per action, dan ada job review ( melakukan review sebuah produk atau event, habis itu dapat bayaran).

Saya juga masuk dalam salah satu pengguna idblognetwork. Beberapa kali iklan nempel di blog ku. Meski penghasilannya masih tidak seberapa. Tapi menurutku inilah titik dimana saya mulai menjajal jadi blogpreneur. Idblognetwork memberikan kesempatan merasakan bagaimana jadi blogpreneur. Menulis, memposting, memasarkan dan menghasilkan uang.

Tak hanya idblognetwork yang membuka peluang menjadi blogpreneur. Jauh sebelumnya google telah meluncurkan google adsense. Setiap klik dari iklan yang ditayangkan di blog kita akan mendapat bayaran dollar. Tapi sayang, tak sembarang blog yang bisa masuk google adsense. Tapi tidak ada yang tidak mungkin. Lets do it. !

Untuk menjadi seorang blogpreneur sejati berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan. (tips ala Jokka-jokka)

1. Buat rumah (blog).
Satu ini sudah pasti. Bagaimana caranya memasarkan kalau tidak ada tempatnya. Di dunia nyata tempat jualan adalah toko dan pasar. Di dunia maya blog lah yang menjadi toko dan pasarnya. Di sinilah gudangnya semua barang yang akan dipasarkan.

2. Tentukan jenis barang yang akan dipasarkan
Sangat penting untuk spesifik pada satu barang atau tema saja. Misalnya pemasaran baju saja, atau sepatu saja.

3. Tingkatkan traffic
Gunakan teknik Search of Friendly (SEO) untuk meningkatkan traffik. Sehingga saat ada yang mencari tas misalnya, maka blog kita yang paling pertama dalam pencarian google.
Selain itu, sosialisasikan blog kita dengan menggunaan sosial media seperti facebook atau twitter.

4. Konsisten Menulis
Konsisten sangat diperlukan dalam bidang ini. Update terus info dan barang yang akan dijual. Ini akan memberikan kesan bahwa blog kita tidak mati dan dapat dipercaya. Kalau bisa, sekali kali berikan kejutan kepada pembaca kita.

5. Jangan cepat puas
Ketika baru mendapatkan hasil jangan terlalu cepat puas. Karena ini akan menurunkan produktifitas kita dalam memposting info dan produk terbaru.

6. Hati hati
Dalam setiap melakukan transaksi, pastikan bahwa pembeli atau penjual dapat dipercaya. Sehingga tidak akan ada gangguan dikemudian hari.

Masalah Blog di Indonesia
Meski ngeblog banyak asyiknya, tapi seiring makin populernya blog di Indonesia, muncul juga beberapa masalah yang menurutku bisa mengganggu keasyikan ngeblog di nusantara ini. Terkadang beberapa oknum blogger tak memahami betapa indahnya ngeblog secara sehat. Banyak yang tujuannya hanya mengejar traffik. Sehingga segala cara terkadang digunakan. Sampai Copas (copy paste) dihalalkan. Parahnya lagi, sudah copas sumber linknya pun tidak dicantumkan. Hal inilah yang buat ngeblog jadi tidak sehat. Padahal jika kita punya tulisan yang original maka itu akan memperkaya dunia blog.

Tapi ini tidak bisa dihindari. Karena traffik tinggi jadi dewa bagi sebagian orang. Kenapa? Untuk mengukur blog bagus atau tidak adalah traffik tinggi. Untuk bisa mendapatkan iklan juga harus memiliki traffik tinggi. Saya juga sepakat itu, traffik tinggi bisa jadi parameter. Satu hal yang tidak saya sepakati adalah terkadang untuk mendapatkan traffik tinggi blogger menhalalkan segala cara instan dan tidak beretika seperti halnya copas. Jadi untuk semua blogger ayo dukung STOP COPAS!

Selain blog Copas, banyak juga blog yang isinya lebih dominan iklan dibanding postingannya. Jadinya blog itu terlihat lebih ribet dan informasi yang didapat sedikit. Padahal kita ngeblog ingin saling berbagi. Ada juga yang informasinya menarik, tapi sayang loading page nya sangat lama. Entah karena penggunaan template atau karena minimnya informasi sehingga terjadi seperti itu. Entahlah.

Hal lain dari dunia blogging di Indonesia adalah postingannya yang hampir sama. Menurut @motuls (salingsilang.com) ketika mengikuti workshop sharing keliling, postingannya Itu itu saja dan sering jakarta sentris. Sedikit-sedikit jakarta. Padahal banyak tulisan dari daerah masing masing di Indonesia yang juga asik. Contohnya Pantai Losari di Makassar. Bagi orang Makassar losari mungkin jadi biasa biasa saja karena setiap hari dilihat. Tapi bagi orang luar Makassar, Losari adalah informasi yang menarik. Coba semua blogger berpikiran seperti itu, tentu dunia blog jadi lebih varian lagi.

Masalah blog berikutnya, kurang konsisten dalam melakukan postingan. Sehingga banyak blog yang ditinggal pemiliknya. Blog itu jadi seperti rumah yang tak terurus. Dan sarang laba laba ada disetiap sudut blog. Ihhhh…

Mungkin masih banyak lagi masalah blog di Indonesia yang tidak saya sebutkan. Tapi problem ini harus segera diselesaikan. Sehingga kedepannya blog di Indonesia bisa lebih maju. Olehnya itu, mimpi pertemuan 1000 blogger nusantara blogpreneur indonesia jadi kenyataan.

Blogger Nusantara.

Cerita Blog emang tak ada habisnya. Besarnya jumlah pengguna blog dan peluang untuk menjadi blogpreneur Indonesia mendorong beberapa blogger yang sudah lama malang melintang untuk menggelar sebuah even nasional. Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia, begitulah nama even yang akan dihelat 28-30 Oktober 2011 di Sidoarjo. Berawal dari sebuah mimpi untuk menyatukan 1000 Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia dalam sebuah tempat, kegiatan ini mulai dirancang.

1000 blogger nusantara Blogpreneur Indonesia, apa itu mungkin. Ya, mungkin saja. Ini mungkin hanya mimpi, tapi bukan sesuatu yang tidak mungkin. Seperti yang saya jelaskan sebelumnya tentang jumlah pengguna blog di Indonesia. 1000 dari jutaan pengguna blog di Indonesia. Itu hanya sepersekian persennya. Bahkan tidak mencapai satu persen. Jadi besar kemungkinan mimpi itu akan menjadi kenyataan.

Kendala utama yang mungkin terjadi adalah kondisi Indonesia yang berbentuk pulau pulau. Sehingga jarak antara lokasi dengan daerah asal blogger lumayan jauh. Untuk blogger yang tinggal dekat lokasi tak ada masalah. Tapi untuk orang yang tinggal di Papua misalnya, atau blogger yang tinggal di Sumatera, Kalimantan tentu akan jadi masalah. Besarnya biaya akan menjadi problem tersendiri.

Olehnya itu, Harus ada spirit bersama sehingga kehadiran Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia ini terasa penting untuk semua blogger di berbagai daerah. Sehingga masalah biaya tak jadi masalah.

Ketika saya ditanya mengapa ingin mengikuti Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia?

yang ada di benak saya,Pertama, sesuai yang saya jelaskan sebelumnya mengenai kondisi dan peluang blog yang ada di Indonesia, Kegiatan ini sangat penting dan akan membawa pengaruh besar bagi perkembangan blog di Indonesia.

Banyaknya masalah masalah yang terjadi di dunia blog harus segera mendapat perhatian dan diselesaikan secara bersama oleh blogger itu sendiri. Sehingga blogger nusantara blogpreneur Indonesia ini sebagai titik awal menuju ngeblog yang sehat dan menyenangkan. Mungkin saja ada konsensus atau semacamnya yang akan terjadi. Mungkin saja.

Kedua, Karena sifatnya nasional, maka akan banyak master master blogger yang akan datang. Saya bisa curi ilmu di ajang ini. Selain itu, saya bisa bertemu dengan sahabat sahabat yang saya temani berbagi di blog dan dunia maya. Asyikkan, bisa ketemu empat mata dengan orang yang punya blog. Hehehe..

Ketiga, akan datang pembicara internasional. Dari perusahaan situs pencarian terbesar di internet, google.com. Kalau bisa menimba ilmu dari orang google.com itu sesuatu bangat.

Keempat, Saya punya mimpi bahwa Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia ini akan menjadi titik awal ngeblog sehat. Tak ada lagi copas. Informasi yang diposting dalam blog jadi lebih variatif. Selain itu, dengan adanya blogger nusantara akan bisa menyatukan dan mendekatkan semua blogger di Nusantara. Blogger tak lagi terkunkung hanya dalam satu komunitas. Jadinya ngeblog tak lagi hanya bicara satu orang tapi berupa lingkaran orang orang yang salin terkoneksi, saling berbagi membentuk ikatan persahabatan dan kekeluargaan.

Betapa indahnya jika mimpi itu terwujud. Ngeblog jadi tak sekadar ngeblog lagi. Tapi lebih dari itu, ada ikatan persahabatan dan kekeluargaan yang saling berbagi.  
selain itu, seperti yang saya katakan sebelumnya, besar harapanku bahwa blogger nusantara blogpreneus indonesia ini bisa menyelesaikan atau memberikan pencerahan dalam mengatasi masalah masalah blogger di indonesia. I hope so..

Blog of friendship, lebih dari sekadar persahabatan.
salam blogger nusantara.




Nb:
informasi lebih lanjut:
follow twitter @blognusantara

51 comments:

  1. WUahahhaa tambah ilmu lagi nih..
    stuju dengan tulisan tentang jakarta sentris itu k'
    di kelas menulis waktu itu juga dijelaskan soal itu.
    blog bisa jadi pengenalan tentang budaya daerah masing2.
    :)

    ReplyDelete
  2. yup. ucchank.
    kapan lagi ada acara ini?

    kabari kalau ada info lagi yah.. heheha

    ReplyDelete
  3. Sip InsyAllah..saya mah ikut2an saja sama yang senior2 alias lebih tua.
    hahaha

    ReplyDelete
  4. hahaha..
    bisa saja.

    artinya yang senior itu mas @nitnot.

    ReplyDelete
  5. hmmm aku malah gatau ada komunitas Loenpia di Semarang -__-- *kuper gilaakk

    kalo aku motivasi ngeblog adalah karena selama ini menjadi pendengar yang baik belum tentu bisa didengarkan dengan baik, menulislah. Semua orang akan membacanya :)

    ReplyDelete
  6. wih, mantab bener informasinya diks. sya jdi banyak tau.
    dah melek nge-blog setelah mampir disini.
    dan.. hm.. komunitas sepertinya mmg sngat penting, sedikit bnyak smngat nge-blog dtg dri sna.

    ReplyDelete
  7. @ervina. yup. semua orang punya motivasinya sendiri ngeblog. yang jelas ayo terus menulis dan saling berbagi.

    @acci. iya, komunitas adalah wadah yang baik untuk saling memotivasi untuk terus menulis..

    salam untuk semuanya..

    ReplyDelete
  8. Semoga Saja Blog menjadi pilihan utama ketimbang be FB ria atau hal-hal yang nilai postifnya kurang bahkan negative !

    ReplyDelete
  9. secara kuantitas jumlah blogger indonesia memang membanggakan tapi secara kualitas masih banyak yang copas, ok ditunggu coment bactnya di link artikenya ini

    ReplyDelete
  10. Kalau tujuan saya tetap pada rules yaitu berbagi kepada netter untuk menjadilebih cerdas & mengetahuim hal kecil yang jarang di ekposes media bukan hanya belok malah mencarin uang soalnya kalau niat beda pasti hasil akan jelek
    Mampir balik ya ke blog saya

    ReplyDelete
  11. yup.
    kayaknya saya akan bakalan terus menanti artikelnya nih. supaya tambah cerdas dan banyak informasi..

    salam persohiblogan....
    hhehehe

    ReplyDelete
  12. Seperti kata Mario Teguh, "sangat super sekali!" hehe..

    ReplyDelete
  13. wah.. salam bang fahrie...
    lama tak berkunjung.

    ReplyDelete
  14. betul bgt di Indonesia skrg blogger sdh smkin byk :)
    jgn lupa mmpir ke eMingko Blog

    ReplyDelete
  15. Wah 4 juta blog. Banyak amat gak nyangka blogger indonesia jadi salah satu pengguna blog terbesar blogger indonesia jadi salah satu pengguna blog terbesar

    ReplyDelete
  16. selamat kak,...masuk hal 1 google. Semoga jadi pemenangnya.
    Mohon bimbingannya belajar SEO

    semoga bertemu di Sidoarjo.

    ReplyDelete
  17. yup..
    thanks atas kunjungannya..

    salam

    ReplyDelete
  18. blogwalking

    satu mimpi besar, pingin ikut nih :smile:

    ReplyDelete
  19. yup..

    ayo ayo ramaikan blogger nusantara..

    ReplyDelete
  20. Sangat Bagus Sob tulisanya, Mengalir Bagai air,Salut

    ReplyDelete
  21. Wah acara Kopdar 1000 Blogger Nusantara seru sepertinya
    1000 orang blogger? Banyak hal yang bisa dilakukan buat kemajuan setiap daerah, bukan hanya jakarta kan?

    ReplyDelete
  22. thanks..
    silahkan berkunjung lagi lain kali.
    semoga blogger makin jaya...
    salam

    ReplyDelete
  23. wah Saya juga punya mimpi bahwa dengan adanya event Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia ini akan menjadi titik awal ngeblog sehat. Tak ada lagi copas. hehehehehehe....semangat buat yang akan menghadiri event event Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia ...

    ReplyDelete
  24. Salam kenal kembali yaaa,,

    makasih banyak sudah mampirr ;)

    Blogwalking masih menjadi salah satu hoobby utamaku saat ini,,

    tak terbayang andai aku gak ngeblog mungkin hobbyku masih kayak dulu cuman chat2 di irc maen fs dan belajar jadi hacker kiddie,, he

    Salam dari Banjarmasin :)

    ReplyDelete
  25. salam...
    sukses untuk blogwalking nya..

    ngeblog eman tidak asyik kalau tidak saling berkunjugn..

    salam

    ReplyDelete
  26. beeuhh.. tidak sangkaku kalau ternyata blog di Indonesia sebanyak itu.. 4 juta ??? na selama ini mungkin belum sampai 100 blog yang pernah saya kunjungi.. ck ck ck..

    kata bondan : hidup berawal dari mimpi

    saya paling senang sama tips-nya yang poin 4 konsisten, kayaknya di antara semuanya inimi poin paling penting dari nge-blog.. asal jangan konsisten copy-paste saja di' ? :D

    Jakarta-sentris, baru dengar istilah ini, he he

    ReplyDelete
  27. salam awal,
    lama tak berkunjung ke tempatmu.
    lama juga tak melihat tulisanmu ehehehe...

    btw, konsisten tuh kayaknya gampang gampang susah ya..
    kalau lagi mood pasti produktif nulis

    tapi kalau lagi sibuk sibuknya. sampai lupa posting..
    jadinya gampang gampang susah.. hehehee

    salam...

    ReplyDelete
  28. Gimana perkembangan mimpi kita? ,, ^^

    ReplyDelete
  29. aku juga ingin jadi blogpreneur, bisa pensiun dini xixixi..

    ReplyDelete
  30. @fahri: tinggal menghitung hari lagi acara bang... hehehe

    @iffa: iya yah... asyik juga kalau bisa sukses jadi blogpreneur...

    ReplyDelete
  31. Artikel yang padat, merayap, dan kaya info. Semoga blogger Indonesia bisa berkontribusi lebih banyak dalam pergaulan internet dunia. Nice post!

    ReplyDelete
  32. Saya hadiiir lagi ,,,



    Tinggal menghitung hari neh aventnya udah di depan mataa :)
    jadi gak sabarannn ,,he

    ReplyDelete
  33. ia..
    welcome kembali mas farid.\

    ia. tinggal menghitung hari.
    semoga semua berjalan lancar..

    ReplyDelete
  34. Cara gabung di Blogger Nusantara gimana bang? Newbie nih.. Btw ku juga setuju dengan Slogan STOP COPAS!!

    ReplyDelete
  35. keren bener yaa postinganya.....
    cocok buad motifasi saya....


    kunjungi balik yaaa,
    follow n tuker link jg

    ReplyDelete
  36. masukannya sangat berharga banget mas buat blog saya yg masih belum genap setahun ini merintis tuk menjadi blogger sejati yg selalu exis dgn jujur,,salam sahabat mas,, oh iya skalian follow kalo berkenan di follow balik y mas

    ReplyDelete
  37. kalau ditanya kenapa ngeblog, aku bakal jawab 2 alasan :
    1. Suka menulis
    2. Suka berbagi

    Dan yang menyenangkan, ketika blog kita dikenal, kita mendapatkan kawan2 baru. Tidak hanya di dunia maya tapi juga dunia nyata.

    Salam kenal yah.
    Mampir dari Vlog Vivanews :D

    ReplyDelete
  38. @alfi: salam, kalau mau tahu infonya kunjungi aja site nya. di Bloggernusantara.com. Infonya ada disitu.

    @wina $carikerja: slam kenal juga.

    @alkahfi: terima kasih atas kunjungannya. mari saling berbagi. dan menjadi blogger sejati.

    @arief: sepakat mas arif. buktinya sekarang saya bisa berkunjung dan menikmati info di blognya mas arif. terimakasih atas kunjungannnya..

    ReplyDelete
  39. wahhh tambah ilmu lagi nihh..

    thx ya gan postingannya....

    http://fashionpria.indoprofile.com/blog

    ReplyDelete
  40. Subhanallah, informasinya sangat lengkap sekali Mas. Sangat memotivasi Mas. Keren :)

    ReplyDelete
  41. Ayo blogger indonesia bisa...

    salam blogwalking

    hmsf08.blogspot.com

    ReplyDelete
  42. salam juga..

    terima kasih udah berkunjung..

    salam

    ReplyDelete
  43. waaaaahhh... bagus2... pengen ikutan ah, memberdayakan potensi bangsa :)

    ReplyDelete

silahkan tulis komentar anda di sini

Powered by Blogger.