Ads Top

Cara Sosialisasi Event via Online

Tampaknya dunia maya semakin memanjakan para penggunanya. Bagaimana tidak, tempo hari saya punya event dan waktu sosialisasinya tinggal dua hari. Terus pesertanya harus datangkan 300 orang. Bagaimana caranya coba. Bingung kan!!

Kalau pakai cara biasa, buat famplet, tempelin disegala penjuru dan koridor kampus, atau buat spanduk/baligho ukuran paling besar pun kayaknya waktu dua hari tidak cukup. Mana waktu cetak mesti nunggu satu hari, terus waktu pasang ama tempelnya juga butuh waktu dan tenaga. Kalau pun sudah terpasang, yang datang sudah pasti masih kurang dari 300 orang. wah gawat nih!!!


Kalau dulu mungkin kita akan berpikiran seperti itu. KELABAKAN. Betul tidak. Tapi sekarang nampaknya jaman sudah canggih. Tak ada lagi yang tidak mengenal social media. Ajang sosialisasi yang sebelumnya bersifat offline kini mulai beralih via online. Selain lebih mudah, murah, dan tidak membutuhkan tenaga yang besar, target yang direncanakan juga bisa terealisasi.

Dengan menggunakan sosial media seperti facebook dan twitter sebagai sarana marketing hasilnya tentu pasti lebih baik. Coba bayangkan pengguna facebook dan twitter di Indonesia masuk dalam tiga besar di dunia. Jadi hampir pasti tak ada lagi orang di negeri ini yang tidak punya akun. Sekali update status, hampir bisa dipastikan orang orang akan membacanya. Sehingga informasinya pasti sampai.

Kalau punya website atau blog itu lebih baik lagi. Tak perlu capek lagi menjelaskan satu per satu. Cukup menuliskan secara lengkap infonya. Maka komplit lah sudah.

Berikut eksperimen yang saya lakukan. Menjadikan sosial media sebagai sarana marketing.

Awalnya saya buat penjelasan di website/blog. Diskusi dan workshop tentang isu keberagaman

Selain informasi, untuk lebih memudahkan saya langsung letakkan form pendaftarannya. coba aja liat form ini

Jadi setiap orang yang mengisi form ini, dimanapun dia berada asal terkoneksi dengan internet bisa langsung mendaftar. Asal sesuai dengan persyaratannya.
Cara buat formnya sangat mudah. Hanya buat di akun google.

First Step


Second Step


Klik create new lalu Form, Setelah itu tampilannya seperti di bawah ini. 

Third Step


Hasilnya seperti Form di atas.

Selain di Google, ada juga eevent.com
cukup buat akun, dan rencanakan kegiatan untuk kapasitas berapa orang.




Setelah formulirnya jadi. Tugas berikutnya sebarkan melalui akun facebook atau twitter. Jangan segan segan untuk melakukan update posting tiap hari untuk hasil yang maksimal. hehehe.

semoga sukses untuk semua eventnya. salam

4 comments:

  1. yup. makasih bang.
    lama juga tak dengar dan berkunjung ke tempatnya bang todi.

    sukses bang.
    salam

    ReplyDelete
  2. mantab sob.. di blog juga bisa menjadi tempat mensosialisasikan event :)

    nih contohnya komunitas baru kalimantan selatan

    salam kenal :)

    ReplyDelete

silahkan tulis komentar anda di sini

Powered by Blogger.