Ads Top

Video Blogging

Sebenarnya sudah lama ingin buat postingan tentang sharing keliling ini. Tapi baru ingat lagi dengan kegiatan ini. Sharing keliling yang dilaksanakan oleh salingsilang.com bekerjasama dengan komunitas blogger anging mamiri adalah sebuah even yang berbicara tentang bagaimana ngeblog saat ini.

Ada tiga tema atau kelas dalam even ini. Ada kelas menulis, kelas fotografi dan kelas video. Ketiganya merupakan platform dasar dari ngeblog. Sayang kita hanya bisa memilih satu dari tiga kelas tersebut. Karena waktunya yang bersamaan.


Saat itu saya lebih condong ke kelas video. Pikiranku sih, kelas ini jarang didapatkan. Mungkin setelah mengikuti kelas ini saya bisa iseng iseng buat video sendiri.

Ternyata pilihan ini tidak mengecewakan. Apalagi setelah tahu bahwa pematerinya adalah salah satu artis Film Televisi (FTV) yang juga model Prisia Wulandari Nasution.

Banyak hal baru yang saya dapatkan dari kelas ini. Sharing pengalaman, membuka kembali wawasan ku mengenai video blogging.

Sebelumnya orang hanya bisa membayangkan apa yang kita tulis. Dengan ada foto orang bisa melihat gambaran apa yang kita tulis. apalagi setelah ditambah video maka pembaca bisa langsung tahu apa yang terjadi. Dan tidak lagi meraba raba.

"Pernah suatu ketika teman saya bertanya tentang indonesia" cerita prisia berbagi pengalaman.
"tapi saya bingung ngejelasinnya gimana. Kalau dijelaskan dengan kata kata kan masih belum jelas. Jadi langsung saja saya bukakan videonya langsung" jelas prisia.
Setelah itu baru teman saya yang dari luar tahu tahu dan tertarik untuk berkunjung ke indonesia.

Ini hanya satu pengalaman betapa besarnya peranan video blogging saat ini. Cuma yang jadi permasalahan dalam video blogging adalah kapasitasnya. Terkadang untuk melihat video di internet itu bisa memakana waktu yang lama. Kapasitas koneksi menjadi salah satu penghambatnya.

Selain itu, membuat video bagi sebagian orang terlihat rumit. Beda dengan foto, habis jepret langsung posting. Tapi kalau video, setelah di shoot, butuh di edit lagi agar kelihatan lebih menarik. Disinilah tantangannya.

Tapi menurut prisia, jangan takut dengan hal itu. berikut tips dan trik membuat video:
pertama, buatlah skrip atau konsep kecil kecilan. Bisa dari kumpulan foto foto lama, atau cerita sehari hari sebagai awal latihan.

kedua, jangan banyak berpikir. Ada ide cerita langsung buat. Jangan bilang, idenya masih belum selesai. Harus tunggu video dulu. Butuh biaya besar. Hilangkan semua pikiran itu. Just do it.

ketika, setelah gambar selesai di shoot. jangan tunggu sampai jadi profesional. sekarang kok sudah banyak software editing video yang mempermudah untuk mengedit. mulai dari paling mudah seperti power point atau movie maker sampai editing yang kompleks seperti adobe premier atau pinacle. ada juga fasilitas imovie di ipad. dan masih banyak lagi.

keempat. jangan takut tidak bagus. karena semuanya itu butuh pembiasaan.

Demikianlah tips dan triknya. Jika video blogging sudah menjadi tren di kalangan blogger bisa jadi ngeblog di Indonesia jadi lebih asyik asyik lagi.

Catatan lainnya:

6 comments:

  1. saya siap jadi modelmu, sodara... ;)

    ReplyDelete
  2. wah.. bisa lah zulham...
    apa sih yang tidak bisa..
    heehehe

    ReplyDelete
  3. sebenarnya sya trtrik dg dnia editing khususnya video, syg blum mnguasai :( jgn lupa mampir ke eMingko Blog

    ReplyDelete
  4. video blogging itu yang buka coneksi internet nya harus yg cepat

    ReplyDelete
  5. Ini mah namanya bukan tips gan
    cuma teori, kirain di kasih tau cara2nya

    ReplyDelete
  6. awalnya sy juga mengira akan diberi tahukan secara teknis..

    tapi dalam workshop ini hanya menjadi semacan pendorong, agar kita bisa membuat video blogging....

    salam

    ReplyDelete

silahkan tulis komentar anda di sini

Powered by Blogger.