Ads Top

Cara Membuat Buku Laris Terjual

Setelah bersusah payah menulis buku. Saatnya untuk menjual buku kita. Menurut Ollie dalam acara workshop On/OFF ideas meet opportunities, ada beberapa langkah yang bisa digunakan untuk menjual buku kita. Penjualan secara online dan offline.

Penjualan secara online kini banyak dilakukan. Apalagi aktifitas internet di Indonesia lagi semangat semangatnya. Hampir semua orang kini berselancar di dunia internet. Jadi dunia online jadi pasar yang sangat potensial. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan secara online:

Pertama, Pre Order.
Misalnya dengan membuat pengumuman di internet bahwa buku A telah terbit. Bagi yang memesan cepat akan mendapatkan buku limited edition dengan bubuhan tanda tangan penulis. Bisa juga dengan mendapat ekstra baju kaos. dan lain sebagainya. Dengan pancingan seperti itu, maka orang akan berlomba lomba untuk memesan buku kita.

Kedua, lakukan permainan kecil dengan pembaca setia Anda.
Misalnya buat semacam kuis kuis di internet atau semacamnya. Sehingga orang atau pembaca anda akan terus membicarakan buku anda.

Ketiga, Update status
Sekarang dunia sosial media telah berkembang. Banyaknya teman di FB dan Follower di twitter merupakan sebuah potensi yang sangat besar. Jadi update lah status terkait buku buku Kita.

Keempat, dapatkan review di goodreas
Goodreas merupakan salah satu situs tempat kumpulan review buku buku. Jadi kalau ingin buku anda tersebar infonya, coba lakukan di goodreas.

Kelima, Gunakan cover buku sebagai foto profil di akun FB dan twitter, sehingga publikasi buku secara otomatis berlangsung.

Keenam, Buat blog tentang buku kita. Jadi tambahkan informasi informasi yang diperlukan di blog. Sehingga membuat orang tambah penasaran.

Ketujuh, Buat video promonya. Sedikit banyak ini akan berhasil dengan melihat langsung tampilan videonya dan bukan hanya sekadar gambar biasa.


Tidak hanya penjualan secara online yang bisa dilakukan. Penjualan secara offline pun bisa. berikut beberapa cara yang bisa kita lakukan.

Pertama, lakukan diskusi buku. Semakin banyak orang yang akan mendiskusikan buku kita maka promosinya akan tersebar lebih luas. Bisa dilakukan di kampus, di forum dan sebagainya.

kedua, book signing. Buat ajang temu antara penulis dan pembaca, jadi setiap buku yang dibeli akan langsung mendapatkan tanda tangan dari penulisnya.

ketiga, talk in seminar. Berbicara diberbagai ajang seminar. Undang orang orang terkenal dan bicarakan tentang buku kita. Sehingga buku yang baru di cetak menjadi lebih terkenal dan menjadi pembicaraan di berbagai tempat.

keempat. Dapatkan perhatian media. bayangkan jika ada media besar yang menulis review tentang buku kita. Promosinya akan sampai ke daerah. luar biasa kan.


"Think big, start small and act now"
ollie quote


“A publication depends on a great idea, not there being a market out there. You start with an idea rather than trying to get an idea which goes with that market.”


Andrew Heiskell quotes

12 comments:

  1. Wah langkah jitu, nanti deh kalau e-book pertama aku terbit....

    ReplyDelete
  2. tulisan yang ini sumpah bagus deh, you make it simple and clear. mudah dimengerti...semoga blognya juga bisa jadi buku suatu hari. goog luck.

    ReplyDelete
  3. Makasih Bang Arman Informasinya, Keren sekali. Betul kata Regina Simple and Clear. Very Clear even, he.he...Apa Bang Arman ada rencana mau bikin buku dan menerbitkannya??

    http://www.djadoelpost.com

    ReplyDelete
  4. jadi tambah masukan, saya juga sedang berusaha menerbitkan buku saa sendiri

    ReplyDelete
  5. asyikeee tipsnya,,, mantap bang,,,

    ReplyDelete
  6. makasih gan atas infonya, ini sangat bermanfaat dan menambah wawasan banget

    ReplyDelete
  7. trimakasih atas infonya, tips yg sangat bagus...
    visit blog kami gan..
    http://www.furnituresolid.com/

    ReplyDelete

silahkan tulis komentar anda di sini

Powered by Blogger.