Ads Top

Internet Membuat Hidup Selangkah Lebih Maju

Internet membuat hidupku Xlangkah Lebih Maju dan tak lagi terbatas oleh ruang dan waktu.

***

Tak terbayang bagaimana kehidupan 10 tahun lalu. Saat internet belum selancar sekarang. Saat orang orang belum familiar dengan yang namanya browsing, chatting, fb, ngetweet dan istilah internet lainnya. Nampaknya banyak aktifitas yang terbatas oleh ruang dan waktu.

Contohnya saja kirim kabar ke sanak keluarga. Coba banyangkan untuk orang orang yang tinggal di kampung seperti saya. Yang kehidupannya pas pasan. Bahkan untuk nonton tivi harus numpang tetangga. Pas mau kirim kabar ke sanak saudara yang pergi merantau, hanya bisa via surat di kantor pos. Meski ada telepon, tapi hanya milik orang gedongan. Jadi harus pasrah nunggu beberapa hari baru sampai. Itu kalau suratnya tidak kesasar. Pas suratnya sampai. Mesti nunggu beberapa hari lagi baru balasannya tiba. Bagus bagus kalau langsung dibalas. Gila kan. Bisa Keburu mati penasaran…! Padahal hanya sekadar menanyakan kabar.

Namun kini, zaman telah berkembang. Kehadiran internet telah membuat kehidupan kita xlangkah lebih maju. Fasilitas surat elektronik (email) memperpendek waktu untuk mengirim surat. Hanya butuh beberapa detik surat telah sampai ketujuan. Tak butuh beberapa hari lagi. Dengan email kita juga bisa mengirim teks, file foto ataupun video. Jadi betul betul xlangkah lebih maju.

Internet juga membantu saya mendapatkan informasi xlangkah lebih maju dari sebelumnya. Coba bayangkan dulu sebelum mengenal internet, saya hanya dapat informasi dari koran, buku dan tv. Saya masih ingat saat mengenakan seragam putih abu abu. Betapa sulitnya menemukan bahan pelajaran. Mesti membuka kamus dulu ditambah baca satu handbook. Itu juga belum tentu dapat jawabannya. Tapi dengan munculnya internet, cukup browsing menggunakan situs pencari (google, yahoo, bing dll) langsung keluar jawabannya. Hebat kan.

Selain informasi bahan pelajaran, informasi berita nasional dan internasional tak lagi harus menunggu di radio, naik di stasiun tv atau membaca koran esok harinya. Tapi cukup baca lewat internet maka semua informasi berita akan segera muncul. Bisa lewat Facebook, twitter, dan portal portal berita yang kini marak di internet.

Internet juga membuat saya xlangkah lebih maju dalam hal belajar. Sebelumnya untuk belajar bahasa inggris saya mesti ikut kursus sana sini. Tapi dengan internet saya dengan mudah belajar bahasa inggris. Hanya cukup duduk di depan layar komputer dan membuka video tutorial bahasa inggris. Untuk belajar mendengar pronouncation atau pelafalan bahasa inggris saya cukup buka video cnn atau radio streaming bbc. Untuk melatih penulisan bahasa inggris dan menambah perbendaharaan kata saya cukup buka situs yang berbahasa inggris. mudah kan! betul betul xlangkah lebih maju.

Terkait belajar di internet, saya juga punya cerita lainnya. Waktu dirumah beberapa tahun lalu, saya melihat tanyangan tivi orang menggunakan sumpit. Kebetulan di rumah lagi banyak sumpit hasil jarahan kakak di sebuah toko. Saya penasaran dan ingin coba mengambil telur menggunakan sumpit. Tapi tak bisa bisa. Sudah sekian kali mencoba tapi tak bisa juga. Saat itu tak ada siapa siapa. Jadi saya juga tak bisa bertanya. Untung ada fasilitas internet. Tanganku langsung menari nari di atas keyboard. Mengetik tuts satu persatu, cara pegang sumpit di youtube. Eh nemu caranya. Lengkap dengan tutorialnya. Setelah memperaktekkan apa yang terlihat di youtube, tahu tahunya saya bisa melakukannya. Telurnya terangkat. Langsung saja saya arahkan ke mulut. dan emmmmm…. enakkkkk… !

Fitur lain yang bisa saya dapat dari internet yakni sosialisasi event. Dengan adanya internet saya tak perlu repot repot melakukan sosialisasi secara offline. Tapi cukup buat status di fb, twitter dan blog maka informasinya akan tersebar dengan cepat. Ini telah saya buktikan. Mau tahu caranya bisa di baca di cara sosialisasi event via online

Waktu itu saya dipercayakan untuk menangani satu event. Namun waktunya tinggal satu minggu. Padahal peserta yang harus datang minimal 200 orang. gimana caranya? Untung waktu itu sosial media telah berkembang. dan hampir semua orang punya akun. Hanya dengan menyebarkan informasinya via internet (FB, Twitter, blog) saya berhasil mendapat peserta. Gila kan. Catat, hanya beberapa hari bisa mengumpulkan peserta sebanyak itu. Cara konvensional nampaknya tak mungkin.

Tak sampai disitu, Internet juga membuat saya xlangkah lebih maju dalam membangun networking. Dengan internet dan semakin berkembangnya jejaring sosial, saya bisa terhubung dengan banyak orang. Bahkan orang yang sulit ditemui seperti artis bisa kita temui di internet. Bayangkan berapa banyak teman di FB dan follower di twitter. Maka sebanyak itu pula jaringan yang mulai dibangun di dunia maya.

Internet juga membuat saya xlangkah lebih maju dalam hal menulis. Dengan adanya fasilitas blog di internet maka secara tidak langsung saya terlatih untuk menulis. Banyak tema yang bisa saya tulis di Blog. Mulai dari karir, hobi, sekolah dan sebagainya.

***

Kesimpulannya sedikit banyak internet telah membuat saya xlangkah lebih maju. Berikut beberapa hal yang membuat saya xlangkah lebih maju lewat internet:


Xlangkah lebih maju dalam mengirim informasi

Xlangkah lebih maju mendapatkan bahan pelajaran

Xlangkah lebih maju mendapatkan update berita/informasi

Xlangkah lebih maju Melakukan sosialisasi event

Xlangkah lebih maju membangun networking

Xlangkah lebih maju dalam belajar

Xlangkah lebih maju dalam latihan menulis

Xlangkah lebih maju untuk bisa eksis



Bagaimana dengan kalian?

2 comments:

  1. Memang dengan internet mempermudah semua aspek dalam kehidupan kita :) Moga sukses, gan!

    ReplyDelete

silahkan tulis komentar anda di sini

Powered by Blogger.