Ads Top

Menulis bersama Clara Ng

Sebuah cerita akan bergerak ke arah yang dia mau

foto: the jakarta globe
Beberapa minggu lalu saya sempat ikut pelatihan menulis bersama Clara Ng. Meski terkesan singkat, karena mbak clara mesti ngejar pesawat balik ke jakarta, tapi isi materinya sangat bermamfaat. Bertempat di Hotel Alden Makassar, clara menjelaskan sedikit banyak tips dan triknya dalam menulis.

Menurut clara  setiap penulis sangat dipengaruhi dijaman apa dia berada. Mengapa muncul tulisan yang sangat kuat dengan latar settingnya, deskripsinya, ataupun konfliknya itu tergantung dari apa yang lagi tren di generasinya.


Tapi meski tulisan sedikit banyak dipengaruhi sama latar tren di generasinya, tiap penulis mempunyai ciri khasnya sendiri dalam menghasilkan tiap karyanya.

Salah satu dari 15 Inspirational Women mewakili sastra, untuk Majalah More Indonesia 2010 ini juga membagi tipsnya bagaimana agar bisa menulis narasi yang enak dibaca. "Harus banyak membaca," terangya.

Dengan membaca, maka perbendaharaan kata yang kita punya akan semakin bertambah. Dengan kata lain,kita bisa belajar dari karya orang lain. Coba pelajari cara penulis penulis yang hebat bagaimana mereka mendeskripsikan tulisannya.

Tambahan lainnya, yakni kita bisa latihan. Salah satu latihan yang menurutku juga sangat manjur yakni mencoba membuat narasi sesering mungkin. Ketika melihat adegan film yang bagus, coba pindahkan adegan itu dalam bentuk tulisan. Ketika berada di suatu tempat, coba ceritakan suasananya dengan beberapa alternatif. Semakin sering latihan maka semakin ahli dalam membuat narasi yang tidak membosankan.

foto:mediaindonesia

Tips lain yang dibagi oleh penulis yang meraih penghargaan IKAPI tiga tahun berturut turut ini juga menceritakan bagaimana ia melawan kemandekan dan mood dalam menulis.

Masalah seperti ini dialami oleh setiap penulis. Jangan dikata penulis penulis hebat itu bisa langsung menghasilkan karya begitu saja. Tapi coba liat kuburan sampahnya, akan banyak kertas dan ide ide yang tertumpuk disana.

Persoalannya, apakah kita menyerah dengan itu. Jawabannya tidak. Ketika sindrom itu datang kalau bisa lawan. Jangan dibiarkan.

"Pernah suatu ketika saya menulis sebuah cerita tapi ketika sudah sampai dipertengahan, saya kehilangan ide dan stagnan disitu," cerita clara di detik detik terakhir pertemuan kelas kala itu. Cara yang biasa penulis novel ramuan drama cinta ini gunakan yakni istirahat sejenak, dan ketika kembali menulis, apapun ide cerita yang muncul di dalam kepalanya  akan ditulis. Apapun itu, karena sebuah cerita akan bergerak ke arah yang dia mau.



nb:
salah satu keuntungan ikut kelas menulis bersama penulis adalah dapat buku beserta tanda tangan penulisnya langsung.
Baca juga

Liputan tentang clara ng

13 comments:

  1. waaah, saya nge-fans banget sama clara ng, pengen ikutan kelas menulis novelnya, tapi masih kemahalan...hiks..
    eh iya, salam kenal ya.. :)

    ReplyDelete
  2. wah.
    salah satu penulis hebat berkunjung ke blog ku..

    salam...

    ReplyDelete
  3. Tips yang menarik dari masternya :)

    thanks kak.
    semoga kapan2 bisa ikut kelas menulis lagi :D

    ReplyDelete
  4. yup..

    kalau ada info juga.. bagi bagi uchank..

    ReplyDelete
  5. Seru!!!
    Mbak Calar juga suka bagi-bagi info via Twitter kok.. @ClaraNg

    ReplyDelete
  6. bgi saya yg trpnting dri seorg pnulis adalah yg stu ini "Dengan membaca, maka perbendaharaan kata yang kita punya akan semakin bertambah"

    ReplyDelete
  7. dari dulu ingin sekali bisa belajar nulis novel dengan benar, tapi gak ada yang bisa ngajarin, duit ... gak punya ... akhirnya nekad aja deh, hehehe ... :)

    salam kenal, follow sukses.

    ReplyDelete
  8. terima kasih atas kunjungan dan komentarnya..
    salam ..

    ReplyDelete
  9. ih pengen banget ikut pelatihan menulis..

    ReplyDelete
  10. wah tips nya keren ..jgn pernah bosan untuk menulis walaupun terkadang mood malas lagi menyerang atau ide tiba2 hilang saat lg menulis..jadi semngat untuk menulis lagi ni..

    ReplyDelete
  11. wah... 100 untuk kak tia... hehehe.

    salam kak

    ReplyDelete

silahkan tulis komentar anda di sini

Powered by Blogger.