Ads Top

Menakar Prospek Bisnis Online

Bisnis online menarik perhatian para netter. Buktinya banyak yang ‘menggelar tikar’ di dunia maya. Tapi sampai sejauh manakah prospek yang dimiliki bisnis online?

Berbicara prospek, bisnis di dunia maya nampaknya menggiurkan. Coba bayangkan aktifitas yang dilakukan oleh para pebisnis pro di dunia ini. Hanya bermodalkan koneksi internet dan sebuah komputer atau gadget mereka sudah bisa menjalankan bisnisnya. Melakukan transaksi dan review produk dengan hanya duduk di rumah sambil menyeruput secangkir kopi. Bertransaksi dan bertemu pelanggan tanpa harus meninggalkan rumah. Tak perlu berangkat pagi ke kantor dan bermacet macet ria di jalanan tapi angka tabungan terus menanjak.

Jika membayangkan ilustrasi di atas, wajar jika para netter tertarik untuk ikut melakukan bisnis di dunia maya. Pertanyaannya kemudian, kenapa bisnis online bisa menawarkan keuntungan yang begitu besar?


Mari kita coba ulas sedikit kelebihan yang disediakan oleh bisnis online. Pertama, dunia maya sebagai tempat berbisnis menyediakan pasar yang tak terbatas. Internet menghubungkan kita dengan berjuta juta orang bahkan bermilyar milyar orang dari berbagai daerah. Menurut data Burson marsteller (Oktober 2011), perusahaan public relation dan marketing yang berpusat di Amerika Serikat menyebutkan bahwa jumlah pengguna internet di Asia Pasific (1)  mencapai 1 milyar lebih jiwa. Di Indonesia mencapai 39.600.000 orang.  Jumlah ini akan terus bertambah seiring dengan semakin canggihnya teknologi informasi dan semakin mudahnya akses internet.

Kedua, untuk membangun bisnis di dunia maya, tak perlu modal yang banyak. Cukup menyiapkan modal untuk membangun toko (baca: hosting) dan nama toko (baca: domain), itu sudah cukup. Untuk membangun itu semua di dunia maya kita cukup mengeluarkan kocek ratusan ribu dan sudah bisa digunakan untuk satu tahun. Ini betul betul murah. Dengan modal kecil tapi bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Jika ditilik dari sisi ekonominya, maka bisnis online merupakan peluang yang besar.

Ketiga, Membuat bisnis online tak harus punya karyawan yang banyak. Cukup seorang diri juga bisa. Sehingga biaya untuk produksi dan gaji karyawan bisa ditekan.

Keempat, Bisnis online sekarang tambah berkembang. Adanya sosial media seperti facebook dan twitter menjadi kan promosi bisnis di dunia maya semakin lancar.

Bayangkan jika seorang pebisnis online mempunyai follower ratusan hingga ribuan orang, ketika melakukan update informasi di status sosialnya maka ada ratusan hingga ribuan juga yang akan membacanya. Follower bisa di andaikan sebagai pelanggan yang akan terus menunggu informasi produk terbaru dari para pebisnis online. Para follower ini juga secara tidak langsung bisa menjadi agen jika mereka ikut menyebarkan informasi di statusnya. Jadinya akan terbentuk jaringan bisnis di dunia maya.

Jika jaringan ini terpelihara dengan baik, maka jaringan ini akan terus tumbuh dan terus menyebar. Hingga kita dan para pebisnis online ini tak akan bisa membanyangkan dimana ujungnya.

Saya sudah merasakan betul pengaruh dari sosial media untuk pengembangan bisnis. Sedikit cerita, saya iseng iseng membuat sebuah info tentang produk undangan pernikahan yang saya tawarkan. Saya menawarkan jasa pembuatan desain undangan yang bisa di order lewat email. Meski hasilnya tidak membludak tapi beberapa orang kemudian menanggapi dengan menanyakan berapa harga. Ada juga yang langsung order. Ini merupakan awal yang bagus menurutku. 

Mengintip Kisah Sukses Pebisnis Online Indonesia

Jika dilihat dari keuntungan yang diperoleh dari bisnis online, maka harusnya tak sedikit orang yang bisa sukses dari peluang di atas. Mari kita coba intip beberapa orang yang telah meraih sukses dari bisnis internet.

1. Aulia Halimatussadiah

Aulia atau yang sering disebut dengan nama Ollie ini telah mempunyai beberapa usaha di dunia internet. Kutukutubuku.com merupakan usaha pertama yang didirikan sejak tahun 2006. Karena keseringannya membeli buku secara online maka ia kemudian mempunyai ide untuk membangun usaha toko buku onlinenya sendiri. Tak cukup satu tahun usaha tersebut telah menarik banyak pelanggan.

Setelah sukses dengan toko buku onlinenya, chairwoman on/off 2011 ini kembali membuat bisnis online yang bergerak dalam penerbitan buku. Jadi konsepnya setiap orang bisa menerbitkan buku impiannya tanpa harus mengeluarkan biaya sepeser pun. Ide ini kemudian disambut hangat oleh para penulis yang selama ini hanya bermimpi untuk menerbitkan bukunya. Sama seperti toko buku online pertamanya, situs penerbitan buku online (nulisbuku.com) ini via internet juga terbilang sukses.

Tak sampai disitu, Peraih penghargaan Bubu Awards (2009) kategori Kompetisi Menulis Blog Wisata ini tak berhenti dengan hanya satu kesuksesan itu saja. Ia kemudian kembali membangun situs ecommerce solution yang membantu para pengusaha kecil untuk membangun situsnya. Ada juga produksi game online, dan startup local. Sungguh luar biasa. Nantinya mungkin akan banyak lagi ide bisnis yang akan lahir dari sosok aulia halimatussadiah ini.

Kesuksesan Ollie tak lepas dari keberhasilannya dalam memamfaatkan koneksi dan jaringan sosial media. Ketika bertandang ke Unhas dalam acara sharing ideas meet opportunities tahun lalu, saya sempat berbincang dan meminta sedikit saran. Seperti yang saya tuangkan dalam tulisan sebelumnya tentang "cara membuat buku laris terjual " ala ollie.

Hampir dari sekian tips menunjukkan Ollie betul betul tahu bagaimana memamfaatkan fitur fitur yang ada di internet. Ia juga berhasil memadukan antara menjual di ranah online dan offline. Karena pada dasarnya, kedua duanya saling mendukung.

2. Asri Tadda
Pertama kali bertemu langsung dengan CEO Astamedia Group ini saat acara blogilicious yang diadakan di Unhas. Asri menjelaskan tentang tips dan trik menjadi blogpreneur. Pembahasannya yang mudah dimengerti disertai dengan bukti bukti hasil dari bisnis onlinenya membuat saya juga tertarik dengan bisnis online.

Track record Asri Tadda dalam dunia online tak diragukan lagi. Pendiri sekolah blog astamedia group ini telah melahirkan banyak angkatan dari sekolah blog rintisannya dan yang pertama di Indonesia. Ia juga telah menghasilkan banyak ‘dollar’ dari aktifitasnya di dunia online.

Saat memberikan materi di Gedung Ipteks Unhas, Asri membagi cerita awalnya terjun di dunia bisnis online. Dimulai sejak tahun 2007 saat mengenal blog advertising. Jadi salah satu pemenang Wirausaha Muda Mandiri ini tidak melaluinya langsung berhasil. Tapi juga melalui proses. Jadi Asri memulai dengan menulis banyak artikel dan menghasilkan banyak blog. Uniknya hampir semua blognya dia tulis menggunakan bahasa inggris. Kenapa bahasa inggris karena akan lebih banyak pembaca dan tak cuma di Indonesia. Dengan banyaknya pembaca, maka pengiklan juga akan betah berlama lama di blog kita. (baca liputannya : Blogilicious Fun Makassar)

Beberapa tips yang sempat saya catat dalam pelatihan kala itu, bahwa blog itu layaknya mall yang baru selesai dibangun. Agar pengunjung betah dan banyak, mall itu harus bersih dan tertata dengan rapi. Selain itu, agar mall itu banyak yang kenal, carilah nama mall yang enak didengar dan gampang diingat. Seperti itu juga dengan blog.

Setelah pengunjung banyak dan trafic meningkat, maka pengiklan akan tertarik memasang iklan di blog anda. Ada beberapa jenis iklan yang bisa anda pakai. Tapi yang sudah familiar adalah google adsense. Selain itu, anda bisa juga menggunakan blog untuk bisnis online.


Penyebab Gagalnya Bisnis Online
Dari sekian banyak orang yang mencoba untuk mengikuti kesuksesan para pebisnis online, ada yang berhasil tapi tak sedikit juga yang harus mengecap kegagalan. Kegagalan ini ada yang karena faktor dalam diri, ada juga karena faktor dari luar.

Faktor dalam Diri
Pertama, Konsep bisnis online yang kurang dapat menarik respon para pelanggan di dunia maya. Biasanya ini terjadi karena konsep yang dibuat asal asalan tanpa melalui pertimbangan. Biasa juga karena bisnis yang ditawarkan tak bisa menyesuaikan dengan pangsa pasar dan persaingan bisnis yang telah ada.

Kedua, pengetahuan pemilik bisnis online masih pas pasan. Belum mengetahui tentang seluk beluk tentang bisnis online dan teknis pemasaran bisnis online. Akibatnya produk yang ditawarkan minim pengunjung.

Ketiga, ketidakmampuan untuk membangun koneksi dan membangun kepercayaan pada para pelanggan. Banyak pelanggan yang tak bertahan dengan bisnis online yang kita buat karena pelanggan merasa tak nyaman dengan situs atau bisnis yang kita buat. Mulai dari segi tampilan ataupun kata kata (baca: penawaran) yang ada dalam website.

Ketidak mampuan dalam membangun koneksi juga dapat berupa kegagalan pemilik bisnis melakukan promosi usahanya di internet. Ini bisa disebabkan oleh ketidak tahuan pemilik bisnis dengan fasilitas dan produk teknologi yang mendukung bisnisnya.

Faktor dari Luar
Pertama, Ketatnya persaingan bisnis. Ini menjadi faktor penghambat yang nyata. Karena sebelum kita membangun bisnis sepatu online misalnya. Ternyata bisnis serupa telah ada dan telah mengakar. Dampaknya bisnis kita tak dilirik sama sekali.

Kedua, koneksi internet. Biasanya karena faktor loading page yang terlalu lama, sehingga dari pada menunggu lebih baik langsung tinggalkan saja. Sebenarnya pelanggan berpeluang untuk berkunjung jadinya tak betah berlama lama.

Ketiga, besarnya isu penipuan yang tersebar di dunia online. Banyak juga bisnis yang menipu di internet. Karena ketidak percayaan itu, biasanya bisnis yang belum terbukti gerak geriknya tidak akan segera dipercaya.

Raih Sukses Online lewat Sekolah Blog
Bagi saya yang terbilang pemula dalam usaha online, mungkin akan mengalami hambatan seperti diatas. Sedikit sedikit saya bisa terjerumus dalam lobang orang orang yang telah gagal dalam bisnis online. Tapi kini tak perlu lagi khawatir. Karena sejak tahun 2009 telah diresmikan sebuah sekolah blog yang berlokasi di Makassar. Namanya Astamedia Blogging School. Sekolah blog ini didirikan oleh Asri Tadda dan telah menelorkan puluhan generasi blogger yang telah sukses di dunia bisnis online.

Berdasarkan rilis kompas.com tanggal 18 April 2010, Sekolah blog astamedia telah berhasil menghasilkan 12 angkatan alumni Blogging Pro dan 20 angkatan tingkat dasar. 85 persen telah berhasil meraih kesuksesan dalam penghasilan blog. Data statistik ini menunjukkan bahwa sekolah blog astamedia merupakan salah satu solusi jika ingin meraih sukses bisnis online. Itu tahun 2010. Dua tahun telah terlewat dan mungkin data ini sudah menunjukkan kemajuan yang lebih pesat lagi.

Mau jadi bagian dari orang orang yang sukses meraih penghasilan lewat online, coba sekolah blog. Sesuai dengan official websitenya, astamedia membuka beberapa kelas seperti kelas basic untuk para pemula, kelas pro untuk para blogger yang ingin mendapatkan penghasilan dari aktifitas blog, dan terakhir kelas professional, yang memiliki pekerjaan atau profesi tertentu yang ingin belajar tentang blog. 

Pada akhirnya, penulis bisa menarik sedikit benang merah bahwa, pada dasarnya bisnis online di internet memiliki prospek yang besar. Seperti yang dituliskan sejak awal. Banyak keunggulan yang dimiliki oleh bisnis online dan sayang jika kita tidak menjadi bagian dari orang orang yang sukses berbisnis online. Adapun persoalan banyak yang gagal dalam bisnis online itu karena kekurang pahaman tentang aturan dan cara kerja online yang sebenarnya. Sehingga membutuhkan training dan juga waktu untuk terus memperbaiki diri.

Keep writing, dan sukses untuk segala bisnis online-nya. 

reference:

(1) Infographic: Asia-Pacific Social Media Statistics (digitalbuzzblog)
(2) Asri tadda maju dengan Sekolah Blogger (Kompas.com)
(3) Oficial website Astamedia (astamediagroup.com)
Foto Ollie (Salsabeela.com)
Foto Asri tadda (astamediagroup.com)

9 comments:

  1. Selamat Bung telah menjadi pemenang. semoga sukses juga dalam usaha online-nya... :)

    ReplyDelete
  2. Selamat atas terpilihnya sebagai pemenang

    ReplyDelete
  3. wah selamat sob!
    Udah menang di lomba astamedia. Semoga jadi pemacu biar makin getol yah ngeblognya

    ReplyDelete
  4. Selamat telah menjadi juara 1. Sukses selalu.

    ReplyDelete
  5. terima kasih untuk ucapannya..,.
    terima kasih juga untuk semua doanya..
    salam

    ReplyDelete
  6. Selamat menjadi nomor satu peringkat lomba Blog AstaMedia :D
    Mohon reviewnya untuk blog saya. http://ElmoJuanara.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. artikelnya keren cocok jadi pemenang... semangat terus..mesti banyak belajar lagi nih,,, kunjungi blog aku juga ya.. trims

    ReplyDelete
  8. Selamat atas kemenangan nya . sesuatu yang sangat sulit untuk di dapatkan bro.....

    maju terus bro.. tapi kalau nanti ada lagi perlombaanya saya akan kalahkan kamu bro ... kita bersaing secara sehat bro . okook

    ReplyDelete
  9. wah, pemaparannya sangat lengkap. saya sebagai putra sulawesi, merasa kurang karena belum sekali pun mberkunjung kesana. semoga ada kesempatan ku untuk mengunjungi tanaogie.

    ReplyDelete

silahkan tulis komentar anda di sini

Powered by Blogger.