Ads Top

Perempuan dan Lagi...Lagi....Lagi....

Sebenarnya acara teater ini telah berlalu hampir satu bulan. Tapi baru kali ini sempat posting. Teater yang dikemas dengan nama spektrum 2012 ini mengangkat dua tema. Pertama Perempuan dan yang kedua lagi...lagi...lagi...

Kedua tema ini dipentaskan dengan sangat menarik oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Teater Unhas. Bertempat di Baruga A Pangerang Pettarani, pementasan berlangsung hingga 3 jam. Tak hanya pementasan teater, pementasan ini juga menampilkan tarian dan nyanyian yang merdu. Diiringi tabuhan gendang dan petikan melodi gitar yang enak didengar.

Diantara kedua tema diatas, keduanya memiliki keunikan tersendiri. teater Perempuan mencoba menggambarkan sebuah realitas yang terjadi di masyarakat. Bagaimana sosok perempuan yang mempunyai keinginan bebas berkarya. Namun terhadang oleh norma yang tak tertulis. Sesosok perempuan yang memiliki ketertarikan pada fotographi namun pekerjaan ini dinilai oleh orang tuanya tidak cocok untuk perempuan. Harusnya perempuan itu merajuk atau apalah yang sifatnya feminim. Bukan malah keliaran tak jelas di jalanan dan memotret sana sini.


Pergolakan pun muncul antara sosok pribadi perempuan dan keluarganya. Ia akhirnya berontak dengan dirinya sendiri. Beberapa segmen digambarkan ia keluar dan bertemu dengan perempuan perempuan yang biasa dijalan. Menjajakan kecantikannya.

Namun, pemberontakannya ini hanya lah bentuk pencarian kasih sayang. Kasih sayang seorang ayah yang selama ini hilang. Tapi tidak disangka ketika ayahnya mulai berdua dikamar. dan perempuan menangis dipelukan ayahnya, panggung tiba tiba gelap. Beberapa detik kemudian panggung kembali terang. Tapi sang perempuan kini tinggal sendiri di kamar dengan pakaian yang compang camping sana sini.

Di ending cerita, sosok ibu menangis sendiri dikamar. merindukan anak dan suaminya. Suami yang telah dibunuh oleh anaknya sendiri. Anaknya kemudian ditahan.


Beda lagi dengan cerita lagi lagi lagi..
Lagi lagi lagi mengangkat cerita tentang rumah sakit gila. Entah apa memang benar itu rumah sakit gila. Tapi itulah persepsiku saat menyaksikan adegan adegannya.

Dibuka dengan kehadiran sosok ibu yang sedang menina bobokan anaknya di ayunan. Tiba tiba muncul keatas panggung beberapa sosok anak kecil yang sedang bermain. dipojokan ibu tadi terlihat tersenyum. Rupanya itu adalah imajinasi dari sang ibu.

Tapi beberapa menit kemudian, musik berubah gaduh. Ibu mulai kelimpungan. Anak anak tadi mulai menghakimi sang ibu. Katanya "kau telah membunuhku".

Teater lagi lagi lagi juga mencoba mengangkat realitas politik yang terus memperebutkan kursi. demi sebuah kedudukan.

Tapi ada beberapa adegan yang menurutku membingungkan. Saat semua orang gila ini tertidur. Mereka kemudian masuk dalam imajinasi. dan muncul lagi sebuah setting kursi panjang dan terjadi dialog yang panjang. Tapi hubungan antar cerita tak terlihat dengan jelas. Dialog yang diucapkan pun seakan mengurangi nilai pembuka yang telah berlangsung dengan sangat baik.

Tapi di endingnya terjadi lagi perebutan kursi.










4 comments:

  1. berbagi Kata Kata Motivasi
    Orang slalu bilang km perlu melakukan ini dan itu, tp km tahu yg terbaik ttg dirimu dan apa yg perlu km lakukan.

    Tulus dalam menggali potensi diri. Meniru hanya membuatmu menjadi orang lain, tak ada yg bisa dibanggakan. Jadi dirimu sendiri.

    Keikhlasan hati dan ketegasan sikap, akan menjadikan kamu lebih siap dan lebih berani dalam menyelesaikan setiap masalah.

    Apapun yang kamu rencanakan, apapun yang kamu ingin lakukan, awalilah dengan doa.

    Doaku hari ini: Tuhan, berikan aku keberanian, kesabaran dan keikhlasan untuk menghadapi sulitnya kehidupan. semoga dapat di terima gan, dan salam kenal :D

    ReplyDelete
  2. Jika Tuhan menciptakan pelangi tuk mengindahkan langit, maka Tuhan menciptakan sahabat tuk keindahan hidupmu.

    ReplyDelete
  3. mantap.. teringat 6-7tahun saat menyelami dunia teater. semangat berkaraya kawan.. salam kenal semangat berkarya..


    kunjungan sore dan mengundang rekan blogger
    Kumpul di Lounge Event Tempat Makan Favorit

    Salam Bahagia
    Suskses ya

    ReplyDelete
  4. nice post :)
    ditunggu kunjungan baliknya yaah ,

    ReplyDelete

silahkan tulis komentar anda di sini

Powered by Blogger.