Ads Top

Tujuh Tempat Menarik di Luwuk Banggai

Yeei.. Selamat Tahun Baru….

Tahun baru, semangat baru…

Awal tahun biasanya jadi waktu untuk merefleksikan apa saja yang terjadi selama setahun lalu dan apa saja harapan di tahun yang akan datang. Nah, untuk tulisan kali ini, saya akan mereview kembali tempat tempat baru yang saya datangi setahun belakangan ini.

Selama setahun saya menghabiskan hari di Luwuk Banggai. Bagi yang belum kenal, Luwuk Banggai merupakan salah satu Kabupaten di Sulawesi Tengah. Letaknya di ujung paling timur Pulau Sulawesi. Kalau lihat peta Pulau Sulawesi yang menyerupai huruf K. Posisi ujung paling atas Manado, ujung paling bawah Kendari. Nah, Luwuk Banggai terletak di ujung paling tengah.



Selama setahun disini, rasanya tidak pernah bosan. Pasalnya, kota ini memiliki aneka ragam tempat refreshing yang asyik. dan hampir semua wisata alam ada disini. Jadi kalau suntuk, tinggal pilih, mau lari ke hutan atau belok ke pantai.

Oh ya, tidak mau panjang lebar lagi, berikut rekomendasi tempat menarik saat berkunjung ke Luwuk Banggai.

Pertama, Menikmati Sensasi Bawah Laut di Pantai Kilo Lima





Pantai Kilo Lima merupakan pantai yang populer di Luwuk Banggai. Letaknya dekat kota membuat tempat ini ramai dikunjungi. Pantainya bersih dan kondisi terumbu karangnya masih terjaga. Sehingga saat menyelam agak ketengah, kita bisa melihat aneka jenis ikan yang bermain di terumbu karang.

Untuk ketempat ini, cukup lima sampai sepuluh menit dari bandara. Selain, menyelam, kita juga bisa berleha-leha di pinggir pantai menikmati pemandangan Kota Luwuk dari kejauhan sambil menikmati pisang goreng dan aneka jus.

Kedua, Santai di Bukit Kasih Sayang “Keles”



Karena posisinya yang ada di atas bukit, sehingga pemandangan Kota Luwuk bisa dilihat disini. Oh ya, kalau mau datang kesini, lebih bagus pas malam hari. Karena temarang lampu-lampu kota merupakan pemandangan yang bakalan jarang ditemui ditempat tempat lain. Ditambah lagi jika ngopi ramai-ramai sama teman, bakalan tambah seru lagi.

Ketiga, Menghilangkan Penat di Bukit Teletubies



Ditempat ini kita akan melihat padang bukit yang hijau. Persis seperti bukit yang ada di serial tv anak anak dulu, bukit teletubies. Oh ya, kalau mau kesini bagusnya pagi atau sore. Supaya matahari tidak terlalu terik. Dan biasanya banyak juga yang camping di tempat ini.

Waktu saya kesini, saya camping bersama dua teman kantor. Pas bangun pagi hari, naik motor trail mengelilingi jalan setapak di bukit teletubies sambil menikmati sunrise pagi. Sepanjang jalan menghirup udara segar dan menikmati pemandangan bukit yang masih diselubungi kabut. Sebuah panorama yang asyik. Rasa penat degan aktifitas kantor pun hilang seketika.

Keempat, Sejuknya Air Terjun di Hanga-Hanga



Jika mau melihat air terjun, hanga-hanga jadi pilihan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekira 75 meter. Letaknya masih terbilang dekat sekitar 15 menit dari kota Luwuk. Tapi sayang sekali saya belum berani terjun dari ketinggian tersebut. heheehe

Tapi lumayan bisa berenang dan merasakan sensasinya berada di bawah air yang jatuh dari ketinggian 75 meter. Tempatnya juga berada di pegunungan. Sehingga meski terik, suasananya masih sejuk.

Kelima, Memanjakan Mata di Air Terjun Salodik



Satu lagi air terjun yang menarik untuk dikunjungi. Air Terjun Salodik. Tempatnya agak jauh sekitaran satu jam dari kota Luwuk. Tempat ini memiliki kontur yang bertingkat tingkat yang membuatnya unik. Sehingga air pun mengalir melalui undakan-undakan tersebut.

Bagi yang mau merasakan sensasi air pegunungan yang alami, disinilah tempatnya. Airnya yang jernih berwarna bening dan kadang memantul warna hijau dan biru. Jadi pemandangan yang asyik.

Keenam, Menikmati Gorengan di Teluk Lalong

Teluk lalong jadi tempat nongkrong anak-anak muda. Di tempat ini, sekarang sedang dibangun taman kota. Jika ada event daerah biasa dilaksanakan di teluk lalong ini. Disini kita bisa ngopi, bercengkrama santai sambil menikmati sajian pisang goreng.

Ketujuh, Lenye dan Hutan Pinus, Tempat Merayakan Kebebasan




Seperti yang saya bilang, Luwuk ini memiliki aneka wisata alam. Hutan pinus pun ada disini. Jika ingin keluar dari hiruk pikuk kota bisa datang kesini. Selain itu, tidak jauh dari hutan pinus ada lenye. Tempat ini merupakan padang yang luas sejauh mata memandang. Selain itu, deretan pegunungan jadi pemanis. Berada disini seakan merasakan kebebasan.

Demikianlah tujuh tempat menarik yang sayang dilewatkan jika berkunjung ke Luwuk Banggai.

Beruntung selama setahun bisa menikmati panorama alam yang ada disini.

Selanjutnya selama setahun kedepan, bakalan jalan kemana lagi yah…? Semoga dapat tempat dengan aneka tempat jalan- jalan seru lagi. Semoga… !






No comments:

silahkan tulis komentar anda di sini

Powered by Blogger.